Faisal Basri: Rupiah Melemah, Jangan Salahkan Menteri

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 15 Jul 2015 05:23 WIB
rupiah melemah
Faisal Basri: Rupiah Melemah, Jangan Salahkan Menteri
Ilustrasi -- MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Ekonom Faisal Basri membantah penilaian Netizen yang menyebutkan menteri bidang ekonomi sebagai penyebab melemahnya nilai tukar rupiah. Faisal Basri mengatakan, Netizen tidak memahami permasalahan yang sebenarnya.

"Nilai tukar rupiah, babak belur. Itu tanggungjawab Bank Indonesia. Tapi, Bank Indonesia tidak jadi sasaran. Padahal, tanggungjawab ada di BI. Sial aja menteri ekonomi," kata Faisal di sebuah diskusi, kawasan Jalan KH Agus Salim, Jakarta Pusat, Selasa 14 Juli 2015.

Menurut Faisal, rupiah sudah melemah sejak Agustus 2011. Ia menegaskan, jangan semuanya dituduhkan kepada pemerintah saja. Memang pemerintah harus bertanggungjawab. Namun peran Bank Indonesia lebih besar.

"Tugas BI menjaga inflasi dan nilai tukar. Itu Undang-undang yang bilang. Memang, yang bertugas meningkatkan ekspor adalah Menteri bidang ekonomi. Tapi, yang menjadi penanggungjawab akhir itu BI. Kalau rupiah jelek, itu BI," ungkap dia.

Hal itu terjadi, kata Faisal, karena Menteri bidang ekonomi yang tidak dapat mengintervensi langsung Bank Indonesia terkait penanganan nilai tukar rupiah. Sebab, Bank Indonesia tidak lagi bertanggungjawab langsung kepada menteri bidang ekonomi, akan tetapi sudah berdiri secara independen.

PoliticalWave mengatakan, dari penelusuran percakapan Netizen di media sosial, tiga menteri bidang ekonomi berkinerja paling buruk. Ketiga menteri itu paling direkomendasikan untuk segera di-reshuffle. Di antaranya Menkeu Bambang Brodjonegoro.

Penelusuran itu terekam sejak 1 Mei hingga 8 Juli 2015. Menteri Bambang berada di urutan ketiga yang dibincangkan terkait reshuffle. 

Sebanyak 58 persen Netizen beralasan Bambang dicopot karena terjadinya pelemahan rupiah. Sebanyak 32 persen karena pertumbuhan ekonomi yang gagal mencapai target asumsi makro APBN 2015 dan 10 persen karena target pajak yang tidak tercapai.


(SUR)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA