On This Day

2004: FIFA Resmikan Tiongkok sebagai Negara Kelahiran Sepak Bola

Kautsar Halim    •    Rabu, 15 Jul 2015 07:51 WIB
pada hari ini
2004: FIFA Resmikan Tiongkok sebagai Negara Kelahiran Sepak Bola
Masyarakat Tiongkok mempraktekkan sepak bola kuno, cuju. (Foto: chinaculture.org)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini, Rabu 15 Juli, merupakan salah satu hari bersejarah yang dimiliki masyarakat Tiongkok. Tepat enam tahun lalu atau pada 2009 silam, Presiden FIFA Sepp Blatter pernah berpidato di acara Football Expo, Beijing, dan meresmikan Tiongkok sebagai negara pertama yang memainkan sepak bola.

Hal itu ia utarakan berdasarkan sejarah yang telah ditelusuri tim FIFA dari seluruh bangsa di dunia. Ternyata, Tiongkok disebutkannya sudah memainkan sepak bola sejak 300 tahun S.M (sebelum masehi) dan warga kota Linzi yang berada provinsi Shandong dianggap merupakan para pemain sepak bola pertama di dunia. Kebetulan, saat itu Linzi berada di bawah kekuasaan dinasti Qin.

Masyarakat kuno Tiongkok menyebut sepak bola saat itu dengan sebutan cuju. Jika diterjemahkan secara harfiah artinya adalah bola tendang. Sekilas, cara memainkannya memang mirip dengan sepak bola modern. Ada 16 pemain yang dibagi menjadi dua tim dan bola yang digunakan sudah berbentuk bulat. Hanya saja, bolanya belum diisi dengan angin melainkan dengan bulu dan rambut.

Sayang, inspirasi untuk menciptakan gawang memang belum terbersit kala itu. Peraturannya, para pemain boleh menggunakan bagian tubuh apapun selain tangan dan menendang bola ke daerah lawan seperti permainan tenis atau sepak takraw.

Permainan rakyat ini makin populer dan menjadi permainan wajib bagi para militer di jaman dinasti Han. Di era Dinasti Tang (tahun 618-907) bola yang diisi oleh bulu dan rambut tersebut baru mulai diisi oleh angin. Selanjutnya, olahraga ini makin populer di seluruh bangsa Tiongkok dan sudah dimainkan oleh para wanita juga.

Cuju sempat dilarang saat pemerintahan dinasti Ming pada tahun 1368-1644. Beberapa tahun kemudian atau tepatnya pada 1900, sepak bola modern akhirnya lahir dan menginspirasi Tiongkok untuk membentuk Asosiasi Sepak Bola Tiongkok (CFA). (berbagai sumber)


(KAU)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

42 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA