Turki Blokade Puluhan Situs yang Dinilai Pro ISIS

Willy Haryono    •    Rabu, 15 Jul 2015 08:57 WIB
isis
Turki Blokade Puluhan Situs yang Dinilai Pro ISIS
Pemandangan umum kota Istanbul, Turki. (Foto: AFP / Bulent Kilic)

Metrotvnews.com, Istanbul: Turki memblokade akses puluhan situs bernuansa Islam dalam usaha menghentikan jaringan perekrutan kelompok militan Islamic State (ISIS). 

Ribuan pejuang asing melewati Turki untuk bergabung dengan ISIS di Suriah dan Irak dalam beberapa tahun terakhir. Beberapa dari mereka mendapat bantuan dari jaringan penyelundupan yang merupakan simpatisan ISIS. 

Pemerintah Turki terus mendapat tekanan dari sekutunya di NATO untuk berusaha lebih maksimal lagi dalam menghentikan gelombang calon anggota ISIS. 

Menurut seorang pejabat senior Turki, seperti dikutip Reuters, Selasa (14/7/2015), langkah blokade situs merupakan "bagian penting" dalam upaya menghentikan jaringan perekrutan ISIS. 

"Ini juga merupakan komitmen Turki dalam memerangi terorisme," ujar pejabat yang namanya tidak disebutkan. 

"Istilah terorisme meliputi semua organisasi di darat yang membuat keamanan nasional dan stabilitas regional Turki terancam," sambung dia. 

DarulHilafe.com, salah satu situs berbahasa Turki yang diblokade, mengecam langkah pemerintah. "Keputusan ini memperlihatkan meningkatnya tekanan terhadap Muslim di Turki," kata perwakilan situs.

"Mereka harus ingat jika terus berusaha membatasi kebebasan Muslim yang tidak pernah melukai atau menyerang Turki, maka Muslim mungkin akan melakukan aksi balasan," tambah dia. 


(WIL)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA