4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan

   •    Rabu, 15 Jul 2015 10:14 WIB
kesehatan
4 Kebiasaan yang Bisa Merusak Kesehatan
Tidur dengan handphone di bawah bantal berbahaya. (Foto:Huffingtonpost.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada banyak kebiasaan yang sering dilakukan mayoritas orang dan tanpa disadari ternyata bisa menimbulkan masalah kesehatan. Para ahli bahkan menemukan kebiasan-kebiasasn tersebut bisa menyebabkan penyakit serius, termasuk kanker. Apa saja kebiasan itu?

1. Menaruh ponsel di bawah bantal

Delapan dari 10 setiap orang masih menaruh ponselnya di bawah bantal sepanjang malam, yang setengahnya menggunakan ponsel sebagai alarm. Tetapi, para ahli memperingatkan bahwa celah kecil antara kepala dan ponsel bisa mempengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda.

Menurut terapis tidur, menaruh ponsel di bawah bantal saat tidur bisa membuat orang tersebut menjadi hiper waspada, karena menunggu panggilan atau pesan singkat dari seseorang. Ini membuat Anda akan sulit tidur. Dan bahkan, eksposur singkat cahaya 'biru' dari layar ponsel memiliki efek langsung pada retina sensitif mata, yang langsung mengirimkan ke otak. Studi telah membuktikan bahwa ini menekan sekresi hormon melatonin tidur, sehingga membuat Anda menjadi lebih waspada.

Maka dari itu, jangan pernah tidur dengan ponsel di bawah bantal Anda. Buat jarak sekitar 20 sentimeter dari kepala Anda bisa mengurangi emisi radiasi si ponsel dengan presentase 98. Tempatkan semua ponsel di ruang yang terpisah atau di luar jangkauan sampai pagi tiba.

2. Wanita mengabaikan siklus bulannya

Kebanyakan wanita mengabaikan penyimpangan dalam periode mereka seperti stres saat mendekati menopause. Semakin tua wanita, semakin berpotensi memiliki perubahan siklus menstruasi dan ginekolog. Para wanita yang memasuki usia 30-an dan 40-an, jika terjadi pendarahan yang tidak teratur bisa memungkinkan terkena berbagai penyakit termasuk fibroid, infeksi, bahkan kanker.

Jadi, apabila Anda mendapati perubahan yang mencolok dalam pola menstruasi Anda maka ada yang harus diperiksakan ke dokter. Terutama saat sudah Anda telat lima hari atau Anda lebih awal menstruasi itu bisa jadi pertanda Anda menderita kista ovarium.

3. Antara kursi dan punggung Anda

Para Ahli memperingatkan bahwa sakit punggung sebagian besar disebabkan oleh sikap tubuh yang buruk dan kesenjangan dalam penggunaan komputer, tablet dan laptop. Tujuh dari 10 kasus nyeri leher, sering dikaitkan dengan penyalahgunaan gadget. Orang yang membungkuk di sofa, setengah bersandar dan mendadak berkerut setelah aktivitas kerja bukanlah hal yang baik. Karena Anda sudah menghabiskan sekitar delapan jam sehari di meja kantor. 

Yang perlu Anda lakukan, ketika duduk, meningkatkan sudut antara batang tubuh dan paha mendorong tulang belakang menjadi postur tegak. Ini penting bahwa panggul duduk sedikit lebih tinggi dari lutut, dengan kaki rata di lantai. 

4. Mengabaikan menggunakan krim matahari

Sebagian orang banyak yang tidak mempedulikan dalam menerapkan krim penghalang sinar matahari pada wajahnya. Lebih buruk lagi, apabila Anda menerapkannya tapi tidak termasuk leher, telinga, dan bahu, maka Anda akan mudah berisiko terkena kanker kulit. Itu karena daerah tersebut lebih sering diekspos matahari. Maka dari itu, Anda perlu berhati-hati dalam memilih krim untuk matahari yang sesuai. Dan jangan lupa untuk merapkannya di sekitaran tubuh yang mudah terkena matahari. (Sumarni/TimesofIndia)


(LOV)