27 Ramadan, Jamaah Masjidil Haram Capai 2 Juta Orang

Meilikhah    •    Rabu, 15 Jul 2015 10:42 WIB
ramadan 2015
27 Ramadan, Jamaah Masjidil Haram Capai 2 Juta Orang
Suasana Masjidil Haram di malam ke-27 Ramadan. (Arab News)

Metrotvnews.com, Jeddah: Lebih dari dua juta jamaah melakukan salat Isya dan Tarawih pada malam ke-27 Ramadan di Masjidil Haram dalam suasana yang sangat khusyuk.

Pemerintah Arab Saudi, Raja Salman memastikan keamanan serta kenyamanan dan menyediakan segala keperluan yang dibutuhkan untuk para tamu Allah. Umat Muslim biasanya memperingati malam ke-27 Ramadan sebagai malam Lailatul Qadar, dengan berdoa dan beribadah agar diterima sebagai penghuni surga kelak.

Gubernur Mekkah Khaled Faisal mengatakan, melayani jamaah dari berbagai penjuru negeri adalah kehormatan besar bagi pemerintah. Dibantu oleh pekerja yang tanpa lelah untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas besar untuk para jamaah, terutama pada 10 hari terakhir Ramadan.

Salah satu jamaah asal Sudan, Mohamed Al Mutasim mengatakan ia datang untuk melaksanakan umrah dan tetap merasakan khusyuknya ibadah meski harus berbagi tempat dengan jamaah lain.

Selain Al Mustaim, jamaah asal Indonesia Muhammad Rahman mengaku mendapatkan masalah sejak datang ke tanah suci lantaran harus mengurus keluarga dan anak-anaknya yang turut serta ke tanah suci untuk beribadah.

Untuk memberikan kenyamanan, kepala dua masjid suci, Abdul Rahman Al Sudais mengatakan pihaknya telah melatih 12 ribu pengurus masjid untuk melayani para jamaah. Selain itu, pihaknya juga menyiapkan satu juta Alquran dengan terjemahan dalam berbagai macam bahasa dan membagikan 17.000 karpet bagi jamaah yang tak mendapatkan tempat di dalam Masjidil Haram.

Untuk keselamatan jamaah, pihak masjid juga menyediakan loker untuk menyimpan barang-barang, menyediakan pengeras suara di seluruh penjuru masjid, sampai dengan penyediaan AC dan sistem ventilasi. (Arab News)



(MEL)