Pemkab Kebumen: Kenaikan Harga Sembako Masih Wajar

Antara    •    Rabu, 15 Jul 2015 12:33 WIB
harga sembako
Pemkab Kebumen: Kenaikan Harga Sembako Masih Wajar
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Kebumen: Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pengelolaan Pasar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen menyatakan kenaikan harga sembako di berbagai pasar tradisional di daerah selatan Jawa Tengah itu masih dalam taraf wajar karena terjadi peningkatan permintaan oleh masyarakat menjelang Lebaran.

"Masih normal kenaikan harganya, karena memang terjadi peningkatan permintaan masyarakat untuk memenuhi keperluan Lebaran," kata Kepala Seksi Perlindungan Konsumen Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Pengelolaan Pasar Pemkab Kebumen Agung Patuh Gunawan Ahmadi, di Kebumen, Rabu (15/7/2015).

Ia mengatakan, petugas tetap mengintensifkan pemantauan perkembangan harga berbagai kebutuhan masyarakat menjelang Lebaran, terutama di sejumlah pasar tradisional skala besar di Kabupaten Kebumen. Hasil pemantauan petugas, stok sembako saat ini dalam jumlah yang relatif cukup dengan didukung pasokan dari kalangan distributor ke daerah setempat secara lancar.

Dirinya menjelaskan tentang kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat, antara lain cabai merah besar naik secara bertahap dari Rp22.000 per kilogram (kg) menjadi Rp29.000 per kg, cabai merah keriting dari Rp22.000 per kg menjadi Rp35.000 per kg, dan cabai rawit merah dari Rp26.000 per kg menjadi Rp38.000 per kg.

Harga daging sapi naik dari Rp95.000 per kg menjadi Rp100.000 per kg, daging kambing naik dari Rp100.000 per kg menjadi Rp105.000 per kg, daging ayam kampung naik dari Rp65.000 menjadi Rp67.500. "Kenaikan itu karena dampak psikologis para pedagang menghadapi permintaan yang permintaan. Setiap menjelang Lebaran seperti ini," jelasnya.

Saat ini, berbagai pasar tradisional dan pusat-pusat perbelanjaan di daerah setempat dipadati masyarakat yang hendak berbelanja berbagai barang kebutuhan untuk menghadapi Idul Fitri 1436 Hijriah. Pada kesempatan itu, ia mengimbau masyarakat tetap mewaspadai produk makanan, terutama dalam kemasan, supaya mereka tetap mendapatkan barang yang layak konsumsi. 

"Selalu perhatikan terlebih dahulu kelayakan produk makanan yang akan dibeli, lihat tanggal kedaluwarsa," pungkasnya


(ABD)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

3 hours Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA