Konsumsi Gas LPG 3 Kg Naik 5-10%

Annisa ayu artanti    •    Rabu, 15 Jul 2015 12:38 WIB
elpiji 3 kg
Konsumsi Gas LPG 3 Kg Naik 5-10%
Elpiji 3 kg (ANT,Nova Wahyudi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Konsumsi gas elpiji 3 kilogram (kg) menjelang Lebaran mengalami kenaikan lima hingga 10 persen. Namun, Pemerintah memastikan stok akan aman sampai usai Lebaran.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Wiratmaja  mengatakan kenaikan ini saat melakukan sidak di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) kawasan Jakarta Timur.

"Konsumsi LPG nasional, dalam periode Lebaran naik lima hingga sepuluh persen, namun kenaikan ini tidak berdampak ke harga konsumen," tambah  Wiratmaja, di SPBBE PT Indika Energi, Jakarta Timur, Rabu (15/7/2015).

Wirat menjelaskan naiknya LPG ini lantaran kebutuhan meningkat sebelum menjelang Lebaran, seperti kebutuhan untuk membuat kue dan lainnya. Diperkirakan kenaikan tersebut sekita 15.000 Metrik Ton (MT) per hari.

Namun demikian, dia memastikan jumlah pasokan LPG untuk Lebaran ini masih dalam level aman dan tercukupi semua.

Sebelumnya Menteri ESDM, Sudirman dan dirinya melakukan sidak ke beberapa agen LPG di kawasan Jakarta Timur. Dari dua agen yang didatangi melaporkan tidak ada kelangkaan stok menjelang Lebaran. Bahkan di dua agen tersebut, penjualan LPG tetap bisa dilakukan saat H+1 Lebaran.
 


(SAW)