Dirjenpas Kantongi 90 Persen Nama Napi Bakal Penerima Remisi

Intan fauzi    •    Rabu, 15 Jul 2015 12:57 WIB
remisi
Dirjenpas Kantongi 90 Persen Nama Napi Bakal Penerima Remisi
Ilustrasi--Antara/Rahmad

Metrotvnews.com, Jakarta: Dirjen Pemasyarakatan (Dirjenpas) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) masih memproses narapidana yang berpotensi mendapat remisi khusus di Hari Raya Idul Fitri 1436 Hijriah. Sekitar 90 persen nama napi yang diusulan dapat remisi khusus sudah masuk kantong Dirjenpas.

"Saat ini masih dalam proses input data dari 33 wilayah di Indonesia, sudah sekitar 90 persen lebih data usulan napi yang dapat remisi khusus kami terima, nanti akan kita rekap dulu," kata Kasubdit Komunikasi Dirjen Pemasyarakatan M. Akbar Hadiprabowo saat ditemui Metrotvnews.com di kantornya, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2015).

Dirjenpas masih perlu mempelajari usulan-usulan yang diterima. Pemberian remisi khusus ini tak mesti jatuh pada hari H Lebaran. "Kita menerima usulan dari wilayah, kami pelajari dulu. Tidak harus hari H, kan bisa remisi susulan," jelas Akbar.

Nantinya, napi yang masuk kategori tindak pidana umum langsung diurus oleh kantor lembaga pemasyarakatan di wilayah masing-masing, sedangkan napi koruptor dan teroris harus melalui persetujuan Dirjenpas.

"Untuk remisi khusus yang tindak pidana umum itu langsung ke kantor wilayah, namun untuk yang terkait dengan PP No. 99 Tahun 2012 dan Permenkumham No. 21 Tahun 2013, harus melalui persetujuan Dirjenpas. Nanti akan kita cek dulu apakah sudah memenuhi syarat administratif apa belum, misal teroris apakah sudah menyatakan secara tertulis kesetiaan kepada NKRI," paparnya.


(YDH)