50% Proyek 2016 Belum Punya Perencanaan Teknis

Dheri Agriesta    •    Rabu, 15 Jul 2015 13:21 WIB
ekonomi indonesia
50% Proyek 2016 Belum Punya Perencanaan Teknis
Illustrasi Infrastruktur. FOTO Antara,Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago menyebut menteri Kabinet Kerja sudah melaporkan rekap perkembangan proyek pembangunan infrastruktur dalam rapat terbatas (ratas) yang dipimpin Wakil Presiden Jusuf Kalla.   

"Saya sudah membawa rekap perkembangan proyek-proyek, perkembangan indikasi pendanaan mana yang belum jelas, kalau proyek itu akan menggunakan dana dari luar, perkembangan kesiapan dari proyeknya sudah direkap," kata Andrinof usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2015).

Menurut Andrinof, ada banyak proyek yang mengalami masalah. Bahkan lebih dari 50 persen proyek yang harus dimulai di 2016 belum memiliki perencanaan teknis.

Proyek yang dimaksud mencakup proyek pembangunan infrastruktur yang sedang digadangkan pemerintah. Namun, Andrinof yakin proyek-proyek yang mangkrak itu dapat dikerjakan lebih cepat jika persiapan pembangunan bisa dipercepat.

Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memberikan arahan agar tahun anggaran menjadi tahun pelaksanaan. Tak boleh ada perencanaan lagi saat tahun anggaran.

"Maka perencanaan harus sudah ada sebelum tahun anggaran, misalnya untuk 2017, di 2016 harus sudah siap semua perencanaannya," pungkas Andrinof.

Rapat terbatas tentang rancang bangun pembangunan nasional telah dua kali dilakukan dalam satu bulan ini. Rancang bangun pembangunan nasional sangat penting untuk memperbaiki arah pembangunan yang ingin dicapai negara ini.
 
 


(SAW)

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

Politikus Golkar Siap Bantu KPK Tuntaskan Kasus KTP-el

42 minutes Ago

Politikus Partai Golkar Ade Komaruddin siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusu…

BERITA LAINNYA