Phil Collen Beberkan Album Terbaru Def Leppard

Adi Waluyo    •    Rabu, 15 Jul 2015 14:20 WIB
musik
Phil Collen Beberkan Album Terbaru Def Leppard
Foto: Def Leppard / fanpop.com

Metrotvnews.com, London: Def Leppard sedang dalam proses pembuatan album studio terbaru yang akan dirilis akhir tahun ini. Terakhir, Def Lepard meluncurkan album Songs from the Sparkle Lounge (2008).

Bukan kabar yang mengherankan, mengingat ketika band ini masih berada di puncak kejayaannya, jeda antar album bisa sampai empat atau lima tahun. Pyromania dirilis pada tahun 1983, Hysteria di '87 dan Adrenalize di '92.

Yang paling penting di album paling gres ini, menurut gitaris Phil Collen, adalah bahwa musiknya adalah representasi paling murni dari sound yang selama ini ingin diciptakan Def Leppard.

"Yang hebat tentang album ini adalah kita justru tidak mencari sound," kata Collen dalam sebuah wawancara. "Jadi ada kebebasan di dalamnya yang memungkinkan Anda untuk menjadi seorang seniman sejati. Ini adalah pertama kalinya kami melakukan hal itu sejak 30 tahun aku sudah berada di band ini. Mungkin ketika band pertama berkumpul dan melakukan demo, itu adalah representasi (yang sesungguhnya). Tapi setelah itu, Anda akan mendengar (produser berkata), 'Para fans ingin mendengar yang seperti ini atau manajemen atau perusahaan rekaman ingin lagunya terdengar seperti ini.' "

Kali ini, Collen mengatakan, Def Leppard bahkan tidak menyadari mereka sedang membuat album sampai proyek itu mulai terlihat bentuknya. Kelima personel - Collen, vokalis Joe Elliott, gitaris Vivian Campbell, bassis Rick Savage dan drummer Rick Allen - masuk ke studio pada Februari 2014 dengan rencana ingin merekam sebuah lagu, mungkin sebuah EP, untuk menciptakan lagu baru yang bisa mereka mainkan dalam pertunjukan live.

"Saya pikir kami hanya mencoba untuk membuat sebuah lagu," kata Collen. "Kami hanya mewujudkan ide dari masing-masing personel. Alih-alih memasukkannya dalam arsip penyimpanan, kami langsung memainkan lagu yang terdengar paling menarik, dan tiba-tiba, semuanya menjadi bersemangat."

Setelah beberapa sesi rekaman, sekarang album ini sedang mendapatkan beberapa sentuhan akhir dan sedang di-mix dengan mobile studio saat Def Leppard akan tampil di amphitheater musim panas bareng Styx dan Tesla.

Collen yang bersemangat tentang album ini menyebutnya, "Yang terbaik yang kita buat sejak Hysteria."

Itu bukan sembarang pernyataan. Dengan hits macam Animal dan Pour Some Sugar On Me, Hysteria adalah album blockbuster dengan rekor penjualan 15 juta keping yang membuat Def Lepard dianggap sebagai salah satu penggawa musik rock tahun 80-an.

Band ini masih mencetak hit lagi dengan album berikutnya, Adrenalize, sebelum 'digempur' habis bersama band-band rock era 80-an oleh grunge. Def Leppard masih terus merilis album, walaupun penjualannya menurun. Namun, band ini masih tetap sukses di panggung-panggung musik dunia.

Bahkan, Collen melaporkan bahwa Def Lepard telah mengumpulkan lebih banyak penonton sejak beberapa tahun terakhir saat tur musim panas di Amerika Serikat tahun ini. "Sepertinya masih banyak yang menyukai kami, sangat bagus," katanya sumringah.

Gitaris Campbell yang sempat sakit bahkan ikut dalam tur. Pada Juni 2013, Campbell mengumumkan bahwa ia mengidap penyakit Hodgkin dan sedang menjalani perawatan.

Campbell dapat menjalani perawatan sambil tur bersama Def Leppard. Dan ia kembali bergabung seminggu sebelum jadwal tur terbaru Def Leppard dimulai. Sejauh ini, Collen mengatakan, ia tampaknya baik-baik saja.

"Konser Def Leppard tahun ini memiliki konten video baru dan set list bertabur hits, ditambah beberapa lagu yang belum pernah dimainkan Def Leppard untuk beberapa waktu. Tidak ada lagu dari materi album baru. Kami tidak pernah membawakan salah satu lagu baru sampai album baru kami keluar," bebernya. (Detroit Free Press)

 


(AWP)