Puncak Arus Mudik di Terminal Pulogadung Terasa, tapi Belum Signifikan

Ilham wibowo    •    Rabu, 15 Jul 2015 14:39 WIB
mudik lebaran 2015
Puncak Arus Mudik di Terminal Pulogadung Terasa, tapi Belum Signifikan
Pemudik mulai padati Terminal Pulogadung--Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Dua hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, lonjakan pemudik yang berangkat melalui Terminal Pulogadung, Jakarta Timur mulai mengalami kenaikan. Namun lonjakan jumlah penumpang di puncak arus mudik kali ini berbeda seperti tahun lalu.

"Penumpang terus mengalir. Puncak arus mudik sudah terasa tapi belum signifikan jumlahnya," kata Kepala Terminal Pulogadung Simon Ginting di Terminal Pulogadung, Rabu (15/7/2015).

Berdasarkan data Pusat Koordinasi Monitoring Angkutan Lebaran Kementerian Perhubungan, selama 24 jam terakhir jumlah penumpang yang mudik melalui Terminal Pulogadung sekitar 2.794 orang telah diberangkatkan menggunakan 150 unit bus reguler. Sementara hari sebelumnya penumpang tercatat telah diberangkatkan sebanyak 1.995 orang.

Simon mengaku, jumlah penumpang pada tahun ini menurun. Penumpang, kata dia, mengalami penurunan sebesar 200 orang dibanding tahun lalu.

"Tahun lalu saja di H-7 penumpang sudah mencapai 1.800, tapi tahun ini hanya 1.600 penumpang untuk H-7 nya," ucapnya.

Akibat menurunnya jumlah penumpang ini membuat bus-bus yang telah berada di Terminal Pulogadung bertumpuk. Sebab, mereka tak kunjung mendapatkan penumpang hingga H-3 jelang lebaran.

"Bus ini sudah pada didatangkan kirain ini puncaknya. Tapi malah jadi penumpukan (bus) karena ada yang sudah empat hari belum dapat penumpang," tutur dia.


(MBM)