Menko: Anggaran Perencanaan Pembangunan Capai Rp1 Triliun

Dheri Agriesta    •    Rabu, 15 Jul 2015 14:40 WIB
pembangunan
Menko: Anggaran Perencanaan Pembangunan Capai Rp1 Triliun
Menteri Kordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djalil (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Sofyan Djlalil mengungkapkan bahwa pemerintah telah menganggarkan dana sebesar Rp1 triliun untuk merealisasikan perencanaan rancang pembangunan nasional di tahun depan. Pembangunan ini menjadi penting untuk memperbaiki arah pembangunan nasional. 

"Paling banyak Rp1 triliun (dana untuk merealisasikan perencanaan pembangunan nasional). Ini harus ditarik ke depan. Makanya perlu diambil dulu uang untuk perencanaan itu," kata Sofyan, usai rapat di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (15/7/2015).

Menurut Sofyan, penganggaran ini telah dibahas dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro. Realisasi pembangunan, kata dia, selalu terhambat karena rancang bangun pembangunan infrastruktur yang tidak dipersiapkan dengan baik.

Adapun anggaran dana Rp1 triliun ini dialokasikan untuk semua proyek, baik besar maupun kecil. Nantinya, yang mengerjakan rancang bangun pembangunan ini adalah setiap kementerian yang memiliki proyek dan dibantu Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

"Itu harus kita libatkan juga karena mereka punya keahlian. Supaya nanti ada proyek besar atau kecil yang penting proyek perencanaan sudah siap, begitu ditender langsung jalan," jelas dia.

Perencanaan ini nantinya diharapkan dapat mempermudah pemerintah untuk membangun infrastruktur yang diinginkan. Pemerintah telah memiliki gambaran mengenai pembangunan sehingga bisa selesai sesuai dengan waktu tenggat yang ada. 

"Kita mau bikin tol sumatera, kita sudah tahu runaway-nya di mana. Kita mau bikin listrik kita sudah tahu tapaknya di mana," pungkas Sofyan.

Rapat terbatas tentang rancang bangun pembangunan nasional telah dua kali dilakukan dalam satu bulan ini. Rancang bangun pembangunan nasional sangat penting untuk memperbaiki arah pembangunan yang ingin dicapai negara ini.


(ABD)