Tips Untuk Mencegah Osteoporosis

Adi Waluyo    •    Rabu, 15 Jul 2015 15:29 WIB
kesehatan
Tips Untuk Mencegah Osteoporosis
Foto: blush.com.pk

Metrotvnews.com: Osteoporosis atau penyakit tulang keropos adalah salah satu gangguan tulang yang paling umum. Penelitian menunjukkan bahwa perempuan empat kali lebih rentan terkena Osteoporosis.

Osteoporosis, yang sering dikaitkan dengan usia tua bukanlah proses yang tak terelakkan dari penuaan, tetapi merupakan akibat dari beberapa ketidakseimbangan diet dan gaya hidup sebelumnya. 

Tidak ada pengganti untuk makanan yang sehat dan benar. Banyak yang tidak mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang direkomendasikan (4 porsi makanan yang kaya kalsium / hari). Profesional kesehatan harus mempromosikan pola diet dan latihan yang akan meningkatkan kadar kalsium yang optimal.

Selain susu, kedelai telah ditemukan sebagai sumber kalsium yang berguna dan nutrisi untuk pembangunan tulang. Asupan protein kedelai dapat membantu pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Makanan adalah sumber terbaik kalsium. Namun, suplemen kalsium dan makanan yang kaya kalsium dapat mengisi kekurangan kalsium dalam tubuh, dan memastikan bahwa kebutuhan kalsium harian terpenuhi.  Jumlah yang dibutuhkan dari suplemen tergantung pada seberapa banyak kalsium yang dikonsumsi dari sumber makanan.

Peliharalah kesehatan tulang Anda dengan mengikuti tips berikut ini:
1. Minum susu rendah lemak dan produk susu lain termasuk yogurt dan keju. Anda dapat menambahkan parutan keju untuk sayuran, casserole, dan sup.

2. Menambah asupan kedelai dan produk kedelai olahan seperti tahu, susu kedelai, dan kerupuk kedelai. Cobalah menu lezat dan sehat ini, sup rumput laut, tahu, dan miso.

3. Sertakan kacang-kacangan dan biji-bijian. Menggiling biji wijen panggang, biji rami, biji bunga matahari, biji poppy, almond, kacang-kacangan dan campur dengan buah-buahan, salad atau taburkan di atas sereal.

4. Sertakan makanan kaya kalsium seperti kacang merah, ikan, makanan laut, ragi, bayam, kurma, daun fenugreek, dan batang lotus. 

Kebanyakan suplemen kalsium bekerja cukup efektif. Kalsium sitrat / laktat / glukonat dapat lebih mudah diserap daripada kalsium karbonat. Selain itu, hindari mengkonsumsi suplemen zat besi dengan kalsium, karena mengganggu penyerapan zat besi. 

Suplemen harus dikonsumsi di bawah pengawasan profesional, asupan kalsium yang berlebihan (> 2500 mg / hari) dapat menyebabkan sembelit, kembung usus, perut kembung berlebihan dan batu ginjal.

5. Olahraga secara teratur. Berjalan, bersepeda, bersepeda dan latihan akan bermanfaat dalam mempertahankan kalsium dalam tulang. Lakukan setidaknya 3 jam aktivitas fisik seminggu.

6. Luangkan sedikitnya 30 menit untuk mendapatkan paparan sinar matahari untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D, yang selanjutnya meningkatkan penyerapan kalsium dan menjaga kesehatan tulang yang baik. (TOI)


(AWP)