Sejak Kasus Hacking Team, Mozilla Otomatis Blokir Flash

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 15 Jul 2015 16:20 WIB
mozilla firefox
Sejak Kasus Hacking Team, Mozilla Otomatis Blokir Flash
Mozilla akan secara ototatis memblokir penggunaan Flash. (BBC)

Metrotvnews.com: Sejak perusahaan pembuat software spionase Hacking Team diobok-obok peretas dan 400GB data mereka dicuri, terungkap bahwa perusahaan ini sejak lama memanfaatkan celah keamanan fatal di Adobe Flash. Hanya sehari sesudah hal ini terungkap, Mozilla bertindak cepat dengan otomatis memblokir Flash di peramban Firefox. Mereka memberitahu, Flash diblokir sampai Adobe meluncurkan versi terbaru.

Chief Security Officer Facebook Alex Stamos, Selasa, 14 Juli, juga ikut angkat bicara. Menurutnya, sudah waktunya platform tersebut berhenti digunakan. Dan pada hari ini, Rabu (15/7/2015), Mark Schmidt, Head of Mozilla Support menyatakan bahwa dia setuju dengan pendapat Stamos.

Dalam sebuah tweet, Schmidt berkata, "Berita penting! Semua versi dari Flash akan secara otomatis diblokir Firefox." 

Dulu, Flash mungkin merupakan cara terbaik untuk menampilkan video. Tetapi pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya standar keamanan internet dalam beberapa waktu belakangan, membuat Flash menjadi sebuah platform yang sudah ketinggalan zaman.

Selain itu, Flash dipenuhi dengan lubang keamanan yang sering digunakan para hacker untuk masuk ke dalam sistem komputer seseorang. Dalam tweet yang lain, Schmidt menjelaskan bahwa mereka hanya akan memblokir Flash hingga Adobe mengeluarkan Flash yang lebih aman. Saat The Register menanyakan masalah ini pada Wiebke Lips, juru bicara Adobe, dia berkata bahwa mereka sedang melakukan "usaha keras" untuk membuat Flash menjadi lebih aman. 

Tahun ini tampaknya akan menjadi tahun di mana Flash berhenti digunakan. Google telah mengubah Chrome sedemikian rupa sehingga ia akan secara otomatis memblokir iklan video yang otomatis terputar. Sementara YouTube telah mulai menggunakan HTML 5 sejak awal tahun ini.

Fakta bahwa perusahaan-perusahaan teknologi besar mulai menghentikan penggunaan Flash, mungkin akan mendorong perusahaan-perusahaan lain untuk mengikuti jejak mereka.

Meskipun begitu, jika Anda masih ingin dapat menggunakan Flash pada Mozilla Anda, Anda dapat mengaktifkannya secara manual melalui Setting. (Engadget)


(ABE)