Emil Punya Pesan Khusus Bagi Pemudik

Roni Kurniawan    •    Rabu, 15 Jul 2015 16:17 WIB
ramadan 2015
Emil Punya Pesan Khusus Bagi Pemudik
Kendaraan melintasi terowongan semi tunnel di kawasan ruas Jalur Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Selasa (14/7). Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, memiliki pesan khusus bagi para pemudik, khususnya warga dan pegawai negeri sipil Kota Bandung. Tingkat kecelakaan yang sangat tinggi hingga H-2, menjadi alasan Ridwan untuk memberikan pesan khusus.

"Untuk pemudik dari Bandung, khususnya pemudik yang bawa mobil, cek persiapannya. Apalagi (yang mudik ke) daerah priangan timur. Itu yang namanya rem, kanvas rem, dan karburator harus diperiksa secara teliti. Biasanya tingkat kecelakaan naik. Per hari ini saja ada sekitar 200 orang meninggal dunia," ujar pria yang akrab disapa Emil, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Rabu (15/7/2015).

Selain itu, Emil pun mengimbau untuk para pemudik untuk melakukan istirahat secukupnya ketika merasa lelah agar bisa selamat sampai tujuan dan bertemu dengan keluarga serta sanak saudara.

"Hati-hati bawa beban kalau pakai motor. Kalau capek, harus banyak istirahat. Jangan sampai niat untuk pulang menjadi ada kendala atau ada kecelakaan di jalan," tuturnya.

Namun, tren mudik saat ini tidak bisa dinikmati Emil ketika kecil menggunakan sepeda motor. Pasalnya, keluarga yang dituju di daerah Sumedang sudah tidak ada lagi.

"Biasanya, karena dulu waktu kecil saya mudik naik motor ke Sumedang. Tapi sekarang enggak karena yang di sana sudah meninggal. Paling ngumpul di rumah orang tua, di Cigadung," pungkasnya.


(UWA)