Mendag Yakin MEA Bisa Tingkatkan Ekspor Nonmigas

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 15 Jul 2015 16:42 WIB
ekspor
Mendag Yakin MEA Bisa Tingkatkan Ekspor Nonmigas
illustrasi pertumbuhan ekonomi ANTARA FOTO,Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel memiliki keyakinan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 bisa meningkatkan ekspor Indonesia, khususnya untuk ekspor nonmigas.

"Kami optimistis dengan event MEA, ekspor nonmigas bisa meningkat. Bisa meningkat ke Australia, Filipina, dan Belanda," ucap Gobel,  di Kantor Pusat Badan Pusat Statistik (BPS), Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Gobel bakal bekerja keras agar kinerja ekspor nonmigas bisa menyumbang lebih tinggi dari total nilai ekspor  yang ada saat ini. Seperti misalnya dalam meningkatkan ekspor nonmigas ke negeri Kanguru, Australia dengan mengandalkan berbagai  komoditas batang besi, baja, kapal laut dan pakaian jadi.

Kepala BPS Suryamin menambahkan, pada periode Januari-Juni 2015, Amerika Serikat (AS) merupakan negara tujuan ekspor terbesar dengan nilai USD7,82 miliar, Jepang sebesar USD6,72 miliar, dan Tiongkok sebesar USD6,64 miliar.

"Ekspor nonmigas sendiri ke Amerika Serikat di Juni mencapai USD1,38 miliar, Tiongkok sebesar USD1,23 miliar, dan Jepang sebesar USD1,11 miliar," beber Suryamin.

Adapun, posisi nilai ekspor Indonesia sepanjang Januari-Juni 2015 mencapai USD78,29 miliar dengan porsi ekspor nonmigas mencapai USD68,30 miliar. Raihan ekspor enam bulan pertama di tahun ini mengalami penurunan, jika dibanding nilai ekspor Januari-Juni 2014 yang mencapai USD88,82 miliar


(SAW)