Tips Safety Driving

Siapkan Jarak Aman Berkendara saat Cuaca Hujan

Ekawan Raharja    •    Sabtu, 18 Jul 2015 18:23 WIB
safety driving
Siapkan Jarak Aman Berkendara saat Cuaca Hujan
Berikan jarak yang lebih lebar antar kendaraan ketika sedang hujan atau ada yang tailgating. ANTARA/R. Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah menjadi teknik umum bahwa jarak aman berkendara mobil adalah tiga detik. Namun jika kondisi jalanan hujan atau mobil yang dibelakang terlalu rapat?

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, menjelaskan bahwa saat hujan atau kondisi jalan yang gelap sebaiknya tidak menggunakan teknik jarak 3 detik. Namun ditambahkan beberapa detik agar tidak terjadi kecelakaan beruntun.

"Jaga jarak aman kendaraan lakukan three second rule. bahkan kalau hujan atau jalanan basah, tambahkan detik ekstra dari tiga detik menjadi empat detik," jelas Marcell saat ditemui di Sunter Jakarta.

Hal ini dikarenakan saat jalanan licin, makadaya cengkram ban akan berkurang. Belum lagi beban yang dibawa pun turut mempengaruhi jarak pengereman. Maka diperlukan jarak yang lebih lebar saat kondisi hujan atau jalanan licin.

Jika mobil di belakang mengikuti terlalu rapat, silahkan tambahkan detiknya. Hal ini disiasati agar tidak terjadi kecelakaan beruntun.

"Kalau misalkan nempel banget atau tailgating, kira tambahkan 1 detik lagi, jadi 5 detik. Jadi jika kita tidak ditabrak dari belakang. Jadi seandainya kita tabrakan, yang dibelakang ada waktu untuk menghindarinya," tutup Marcell.


(UDA)

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

KPK Masih Telusuri Dugaan Keterlibatan 7 Penyidik di Kasus KTP-el

6 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan pemeriksaan internal terhadap tujuh orang penyidi…

BERITA LAINNYA