Jelang Lebaran, Pesanan Parsel Banyak yang Last Minute

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 15 Jul 2015 17:10 WIB
parcel lebaranramadan 2015
Jelang Lebaran, Pesanan Parsel Banyak yang <i>Last Minute</i>
Rumah Naquita Parsel (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menjelang hari raya Lebaran, biasanya sebagian masyarakat membeli paket Lebaran atau lazim dikenal parsel untuk diberikan kepada sanak saudara, teman kerja, klien, atasan, hingga kepada para pelanggan. Meski banyak masyarakat yang jauh-jauh hari memesan parsel, namun tidak sedikit yang memesan ketika mendekati hari raya Lebaran.

Rumah Naquita Parsel, misalnya. Produsen parsel ini mampu melayani sekitar 500 pesanan parsel menjelang H-2 Lebaran. Namun demikian, di tahun ini omzet dari penjualan parsel tidak secemerlang penjualan di tahun-tahun sebelumnya.

Rumah Naquita Parsel telah membuka penjualan parsel jauh hari sebelum hari raya Lebaran. Namun, sejak awal bulan ini penjualan terbilang sepi dari para pembeli. Diperkirakan, para pembeli akan memesan parsel mendekati hari raya Lebaran.

"Rata-rata banyak yang pesan di last minute. Sedangkan awal bulan ini masih sepi (penjualan parsel Lebaran)," ujar Ari, Pemilik Toko Rumah Naquita Parsel, kepada Metrotvnews.com, saat ditemui di Cikini Gold Center (CGC), di Jakarta, Rabu (15/7/2015).

Meskipun menerima banyak pesanan di saat terakhir, namun Ari mengaku omzetnya malah menurun sebanyak 30 persen. Bahkan, penjualan yang telah dilakukan ini belum mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya.

"Omzet Lebaran kali ini turun 30 persen. Target penjualan saat ini 700 (parsel yang terjual). Namun, parsel yang dipesan baru 500 (parsel)," ungkap Ari.

Menurutnya, penurunan omzet ini terjadi karena ada pengaruh terhadap merosotnya perkonomian Indonesia. Bahkan, penurunan omzet ini juga terjadi kepada beberapa penjual parsel yang lain. Dirinya berharap agar target penjualan parsel di Lebaran kali ini bisa tercapai.

Kendati toko parsel yang dimiliki Ari mengalami penurunan omzet, namun peningkatan omzet bisa dirasakan oleh Dahlia, Pemilik Toko Parsel Orange Station. Walau penjualannya tidak sebanyak Ari, tapi dirinya telah menjual sebanyak 100 parsel menjelang Lebaran kali ini.

"Yang terjual sudah 100 lebih. Ada peningkatan omzet. Tapi tidak banyaklah," ujar Dahlia, kepada Metrotvnews.com, seraya menjelaskan bahwa biasanya pada H-3 Lebaran banyak orang yang memesan parsel. Bahkan, dalam sehari bisa terdapat 30-50 pengunjung.


(ABD)