Minyak Dunia Turun, PLN Turunkan Tarif Listrik di Atas Daya 2.200 VA

Husen Miftahudin    •    Rabu, 15 Jul 2015 17:43 WIB
minyak
Minyak Dunia Turun, PLN Turunkan Tarif Listrik di Atas Daya 2.200 VA
Minyak dunia, Reuters: AXEL SCHMIDT

Metrotvnews.com, Jakarta: Harga minyak global dalam beberapa hari ke belakang mengalami koreksi penurunan yang cukup tajam. Krisis utang mendalam pada Yunani dan penurunan saham Tiongkok membuat laju minyak mentah dunia terseok.

Kondisi tersebut berimbas pada harga listrik di Indonesia. Meski rupiah tak mampu dobrak laju dolar Amerika Serikat (AS), namun harga tarif listrik untuk daya di atas 2.200 Volt Ampere (VA) mengalami penurunan sebesar Rp1-Rp5 per kilo Watt hour (kWh).

"Contoh konretnya untuk Agustus tarif daya listrik (2.200 VA) ini turun karena minyak dunia turun walau kurs rupiah melemah. Meski tidak seberapa (penurunannya), namun untuk daya 2.200 pada Agustus nanti turun karena minyak turunnya signifikan," kata Direktur Utama PLN, Sofyan Basir ditemui di Kantor Pusat PLN, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2015).

Lebih lanjut ia mengungkapkan penurunan tarif ini akan berlangsung mulai Agustus hingga akhir Desember tahun ini.

"Memang penurunan ini sangat kecil angkanya. Tapi ini sangat berpengaruh untuk industri, lumayan bisa mengurangi anggarannya," akunya.

Dia menuturkan daya listrik di atas 2.200 VA merupakan daya yang dipakai oleh industri. Jika tarif ini diturunkan maka ada penurunan pada ongkos produksi yang berimplikasi pada penurunan harga barang-barang industri dalam negeri.

Selain menurunkan tarif listrik, Sofyan  juga konsisten untuk tidak akan menaikkan harga tarif listrik untuk daya 1.300 VA dan 2.200 VA. "Di atas 2.200 turun, sedangkan 1.300 sama 2.200 tidak akan naik sampai Desember," pungkas Sofyan.
 


(SAW)