Jamin Pasokan Listrik, PLN Siaga Operator

Husen Miftahudin    •    Rabu, 15 Jul 2015 18:05 WIB
listrik
Jamin Pasokan Listrik, PLN Siaga Operator
Ilustrasi listrik -- FOTO: MI/Bagus Suryo

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) memastikan pasokan listrik saat Lebaran aman, bahkan melebihi kebutuhan. Hal ini karena pabrik dan perusahaan yang ada di seluruh Jawa dan Bali berhenti beroperasi saat Lebaran.

Menurut Direktur Operasional PLN Jawa dan Bali, Supangkat Iwan Santoso, beban puncak listrik tertinggi selama ini untuk Jawa dan Bali terjadi pada malam hari sebesar 23.900 megawatt (mw). Namun beban puncak kebutuhan listrik tertinggi yang terjadi pada tahun ini sendiri hanya sebesar 23.500 mw.

Sedangkan pada saat malam Lebaran, aku dia, merupakan beban puncak pemakaian listrik dengan angka perkiraan sebesar 14.500 mw. Pada saat pagi harinya, dari yang biasa penggunaan listrik mencapai 19.000 mw, pada Lebaran nanti diprediksi hanya sebesar 9.500 mw.

"Jadi hanya setengahnya. Pasokan listrik sangat aman nanti, tetapi ini harus diamankan dengan memastikan tidak ada gangguan pada pembangkit listrik," ujar Supangkat ditemui di kantor pusat PLN, Jalan Trunojoyo Blok M I Nomor 135, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/7/2015).

Pengamanan tersebut, jelas dia, dilakukan pihaknya melalui penyiagaan seluruh operator yang ada dengan menggunakan shift (giliran kerja). Selain itu, disiapkan pula tenaga operator maintanance (pemeliharaan) dengan separuh tenaga kerjanya disiagakan.

"Seluruh operator tidak ada yang libur. Kira-kira 25 ribu (pegawai) yang masuk kerja pada hari H, ada yang masuk pagi dan sore. Yang lain seperti tenaga maintanance siap-siap, sedangkan separuhnya lagi disiagakan," pungkas Supangkat.


(AHL)