Presiden Tunjuk Hatta Rajasa Jadi Plt Menkeu

   •    Jumat, 19 Apr 2013 15:55 WIB
Presiden Tunjuk Hatta Rajasa Jadi Plt Menkeu
ANTARA/Widodo S Jusuf/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberhentikan Menteri Keuangan Agus Martowardojo lewat Keputusan Presiden no 44/M tahun 2013. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa diminta menjadi pelaksana tugas Menteri Keuangan.

Agus diberhentikan karena terpilih sebagai Gubernur Bank Indonesia 2013-2018. Salinan keppres pemberitaan juga disampaikan kepada MPR, DPR, DPD, BPK, Mahkamah Agung, Mahkamah Konstitusi, menteri-menteri lain dan pimpinan lembaga.

Penugasan Hatta Rajasa sebagai Plt Menteri Keuangan tertuang dalam Keputusan Presiden no 45/M tahun 2013 ditandatangani Presiden Jumat (19/4).

"Keputusan Presiden ini mulai diberlakukan pada tanggal ditetapkan," bunyi diktum keppres seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet.

Anggota Komisi XI DPR Fraksi PDIP Dolfie OFP memandang pilihan SBY sangat politis dan menunjukkan banyak hal. "Dari sisi politik anggaran, kalau itu dirangkap Hatta, indikasi pertentangan Hatta dan Agus semakin terbukti. Misalnya dalam hal Jembatan Selat Sunda. Ada tidak sinergis dalam pemerintahan," tukas Dolfie di Jakarta, Jumat (19/4).

Pilihan politis juga tampak karena Hatta adalah orang partai, kata Dolfie, bukan teknokrat ekonomi. "Semakin membuktikan politik anggaran pendekatannya politik, bukan ekonomi. Tidak heran dua harga BBM dilakukan agar mendapat dana untuk program menarik simpati masyarakat. Penaikan BBM bukan untuk melakukan perbaikan ekonomi secara substansi, tapi secara politik," kritiknya.

Namun demikian, Dolfie tidak memprotes penunjukan ini. "Itu hak prerogatif Presiden," katanya. (Gayatri)