Ucapan Gubernur The Fed Lemahkan Wall Street

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 16 Jul 2015 08:04 WIB
wall street
Ucapan Gubernur The Fed Lemahkan Wall Street
Aktivitas di bursa saham New York -- AFP PHOTO/JEWEL SAMAD

Metrotvnews.com, New York: Saham-saham di bursa Amerika Serikat (AS) kembali rontok menyusul adanya komentar dari Ketua Federal Reserve Janet Yellen.

Akibatnya, penurunan saham energi tercatat melebihi keuntungan di sektor keuangan dalam tahap terakhir perdagangan. Demikian seperti dilansir dari Reuters, Kamis (16/7/2015).

Yellen mengatakan, dia berharap ekonomi terus bertumbuh hingga sisa tahun ini, yang memungkinkan The Fed untuk menaikkan suku bunga. Tetapi dia tidak memberikan petunjuk langsung mengenai waktu atau laju kenaikan. The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada September atau Desember.

Ucapan Yellen ini melemahkan sektor energi .SPNY sebesar 1,6 persen. Bahkan, sektor ini menjadi pemain terburuk dari 10 kelompok utama S & P karena jatuhnya harga minyak di tengah kekhawatiran peningkatan ekspor dari Iran yang akan menambah pasokan global yang melimpah.

Harga minyak mentah Brent LCOc1 menetap USD1,46 menjadi USD57,05 per barel. Sementara minyak mentah AS CLc1 turun USD1,63 menjadi USD51,41 per barel.

The Fed Beige Book menunjukkan aktivitas ekonomi AS terus berkembang dari pertengahan Mei hingga Juni, di mana harga energi yang lebih rendah membantu meningkatkan belanja konsumen tetapi menghambat manufaktur.

Indeks Dow Jones Industrial Average turun 3,41 poin atau 0,02 persen menjadi 18.050,17, indeks S & P 500 melemah 1,55 poin atau 0,07 persen ke 2.107,4, dan Nasdaq Composite turun 5,95 poin atau 0,12 persen ke 5.098,94.

Adapun untuk sektor keuangan .SPSY, naik 0,7 persen, membantu menopang pelemahan yang terjadi. Kelompok ini didukung oleh kenaikan sebesar 3,2 persen di Bank of America menjadi USD17,68 dan keuntungan 3,8 persen pada US Bancorp ke USD45,53 setelah hasil kuartalan mereka.

Transaksi volume ringan terjadi pada perdagangan Rabu waktu setempat di mana sekitar 6,09 miliar lembar saham diperdagangkan di bursa AS. Angka tersebut di bawah rata-rata sepanjang bulan ini sebesar 6,66 miliar lembar saham, demikian menurut data BATS Global Markets.


(AHL)

KPK yang Berani Jujur Hebat

KPK yang Berani Jujur Hebat

1 hour Ago

KERJA ekstra keras yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi untuk menjerat Setya Novanto dal…

BERITA LAINNYA