H-1, Pelabuhan Merak Lengang

Mufti Sholih    •    Kamis, 16 Jul 2015 08:28 WIB
ramadan 2015
H-1, Pelabuhan Merak Lengang
Situasi Gerbang Tol Merak terpantau lancar---TMC Polda Metro

Metrotvnews.com, Merak: Pelabuhan Merak, Banten, nampak lengang dari antrean pemudik pejalan kaki dan pengguna kendaraan bermotor, pada H-1, hari ini. Hal ini berbeda dengan kondisi pada H-2, yang terjadi penumpukan  kendaraan dan penumpang.

"Kami memperkirakan sampai Hari Raya Idul Fitri kondisi pelabuhan lengang, dan sepi penumpang," kata Kepala Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo seperti dilansir Antara, Kamis (16/7/2015).

Mario mengatakan, saat ini Pelabuhan Merak terlihat lengang dan beberapa kendaraan yang berada di dermaga langsung naik ke atas kapal roll on roll off atau Ro-Ro yang bersandar di pelabuhan. Begitu pula, pemudik pejalan kaki hanya beberapa orang saja yang membeli tiket penyeberangan. Meski begitu, ASDP tetap menyiagakan 27 kapal Ro-Ro.

"Kami tetap mengoperasikan 27 kapal, termasuk di antaranya tiga kapal berkapasitas besar guna mengatasi lonjakan penumpang," katanya.

Ia mengatakan jumlah penumpang yang menyeberang menuju Pulau Sumatera sejak pukul 20.00-04.00 WIB mencapai 5.000 orang, sedangkan hari sebelumnya 20.000 penumpang. Saat ini, perjalanan dan penyeberangan Merak-Bakauheni, Lampung, lancar atau tidak ada hambatan.

"Kami terus mengoptimalkan pelayanan untuk memberikan kenyamanan dan keselamatan," katanya.

Berdasarkan pantauan, beberapa kendaraan yang masuk dermaga Pelabuhan Merak bisa langsung diseberangkan ke Pulau Sumatera, tanpa antrean. "Kami mengimbau pemudik pada arus balik nanti sebaiknya berangkat siang hari guna mengatasi antrean dan kemacetan kendaraan," katanya.


(TII)