Bursa Asia Menguat Usai Voting Yunani

Ade Hapsari Lestarini    •    Kamis, 16 Jul 2015 08:45 WIB
bursa saham asia
Bursa Asia Menguat Usai Voting Yunani
Bursa Asia menguat usai voting Yunani. FOTO: Reuters/Yuya Shino

Metrotvnews.com, Tokyo: Bursa Asia sebagian besar menguat lebih tinggi pada pembukaan perdagangan pagi ini setelah parlemen Yunani menyetujui rencana bailout sementara.

Selain itu, mata uang dolar AS juga berdiri tegak usai Gubernur Federal Reserve Janet Yellen mengharapkan ekspektasinya untuk kenaikan suku bunga AS.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (16/7/2015), indeks Jepang Nikkei N225 naik 0,5 persen atau setara 86,28 poin menjadi 20.549. Sementara itu, indeks saham Australia ASX200 naik 41,97 poin ke level 5.678.

Selanjutnya, indeks Korea Selatan Kospi naik 0,2 persen atau setara 2,93 poin menjadi 2.075. Adapun untuk indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang bergerak datar, karena fokus pada bagaimana saham Tiongkok akan menaikkan tarif ketika mulai perdagangan.

Parlemen Yunani meloloskan kebijakan langkah-langkah penghematan yang diminta oleh mitra Eropa. Ini merupakan harga yang harus dibayar untuk membuka pembicaraan tentang paket bailout multimiliar euro karena Yunani mendekati kebangkrutan.

Mata uang euro, yang sudah terpukul semalam terhadap dolar oleh pandangan tingkat Yellen ini, menunjukkan reaksi terbatas pada hasil suara Yunani sehingga tidak mengejutkan banyak di pasar.

Sekadar informasi, Yellen mengulangi pandangannya bahwa Fed kemungkinan akan menaikkan suku bunga tahun ini jika pertumbuhan ekonomi AS memperluas seperti yang diharapkan, dan ada perbaikan dalam pasar tenaga kerja.


(AHL)