Tepung Kelapa Sulut Diminati Kawasan Timur Tengah

Antara    •    Kamis, 16 Jul 2015 11:43 WIB
ekspor
Tepung Kelapa Sulut Diminati Kawasan Timur Tengah
Kelapa Muda (ANTARA, Basri Marzuki)

Metrotvnews.com, Manado: Produk unggulan Sulawesi Utara berupa  tepung kelapa makin diminati di negara-negara kawasan Timur Tengah seperti di Negara Bahrain.
 
"Jelang Lebaran 2015, Sulut mengekspor tepung kelapa ke Bahrain sebanyak 25 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar USD37.000," kata Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Darwin Muksin, di Manado, Kamis (16/7/2015).
 
Permintaan tepung kelapa yang cukup tinggi dari negara bagian Timur Tengah tersebut karena meningkatnya kebutuhan menjelang perayaan Idul Fitri. Darwin menjelaskan tepung kelapa asal Sulut sudah diakui oleh pasar dunia, sehingga konsumsi masyarakat semakin tinggi.
 
Dia mengatakan, pasar ekspor tepung kelapa ke Timur Tengah akan terus didorong karena negara tersebut sangat membutuhkan produk yang satu ini.

Para petani kelapa dan pengusaha di Sulut diharapkan memanfaatkan peluang tersebut, dengan meningkatkan kuantitas tepung kelapa yang kualitasnya standar internasional.
 
Negara-negara bagian Timur Tengah yang akan terus didorong menjadi tujuan ekspor tepung kelapa Sulut yakni ke Bahrain, Siprus, Mesir, Turki, Iran (Persia), Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Oman, Qatar, Arab Saudi,
Suriah, Uni Emirat Arab, Yaman, dan Palestina.
 
Negara tujuan ekspor tepung kelapa (desiccated coconut) dari Sulut cukup beragam. Seperti di Eropa, yaitu Jerman, Belanda, Belgia, Inggris, dan Rusia, serta sejumlah negara di Eropa Timur. Ada juga negara di Asia,
Amerika, dan Afrika.
 
Untuk itu bisa dipastikan untuk beberapa tahun ke depan, tepung kelapa menjadi satu di antara produk andalan ekspor Sulut.
 
(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA