Waspada Gejala Kanker Usus Besar

   •    Kamis, 16 Jul 2015 11:47 WIB
kesehatan
Waspada Gejala Kanker Usus Besar
Foto: africanseer.com

Metrotvnews.com: Kanker usus besar (Kanker kolon) rentan menyerang individu berusia di atas 50-an. Kanker kolon atau kolorektal kanker dipengaruhi oleh stres dan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Tapi genetika dan penyakit radang usus adalah alasan utama kanker usus besar terjadi. Mendeteksi tanda-tanda kanker usus besar lebih awal baik untuk mengantisipasinya. Oleh karena itu, berikut tanda-tanda kanker kolon yang tidak boleh Anda abaikan.

1. Darah dalam tinja
Bercak-bercak hitam atau darah dalam tinja atau itu adalah tanda utama dari kanker usus besar. Tekstur feses yang berubah, menjadi cair juga merupakan tanda yang harus diwaspadai. Karena memungkin muncul darah setelah itu.

2. Anemia
Darah dalam tinja diterjemahkan menjadi kehilangan darah dalam tubuh Anda. Hal ini akan mengakibatkan kekurangan darah, yang berarti anemia adalah tanda lain dari kanker usus besar.

Anemia pada pasien kanker kolon perlu dipulihkan terlebih dulu untuk melawan penyakit tersebut. Anemia juga dapat menyebabkan kelelahan pada pasien. Kekurangan darah juga membuat warna kulit Anda lebih pucat dari sebelumnya.

3. Kelelahan
Kelelahan adalah salah satu tanda yang mempengaruhi ada gejala kanker kolon, tapi itu tidak berarti bahwa orang yang lelah pasti menderita penyakit tersebut.

Jika Anda merasa kelelahan disertai dengan tanda-tanda lain dari kanker kolon, baru Anda perlu waspada. Seperti disebutkan sebelumnya, kelelahan itu diakibatkan oleh rendahnya tekanan darah rendah. Kekurangan darah juga bisa menyebabkan Anda terlihat lelah dan lesu.

4. Berat badan turun drastis
Gejala penurunan berat badan secara drastis bisa menjadi tanda dari dari kanker kolon. Penurunan berat badan yang signifikan selama beberapa bulan tanpa sebab yang jelas, yaitu penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dapat menjadi salah satu tanda-tanda peringatan utama bahwa Anda mungkin menderita kanker. Hal ini juga terjadi dengan kanker pankreas, perut, kerongkongan, atau paru-paru.

5. Perut tidak nyaman
Rasa kram, nyeri, peradangan dan rasa kembung perut adalah beberapa tanda-tanda dari kanker usus besar. Tapi sakit perut jarang terjadi pada pasien penderita kanker kolon ini.

6. Obesitas
Obesitas merupakan tanda dan penyebab potensial kanker kolon, terutama untuk lansia dengan kelebihan berat badan di bagian perutnya. Menurut studi di Eropa, dengan melakukan olahraga yang rutin bisa menurunkan risiko terkena penyakit ini.

Anda juga bisa melakukan pencegahan terkena kanker kolon dengan cara seperti berikut:
- Berhenti Merokok
- Terlibat dalam aktivitas fisik setiap hari
- Makan varietas yang berbeda dari buah-buahan dan sayuran setiap hari untuk mendapatkan vitamin yang berbeda
- Diet kaya serat
- Menjaga berat badan yang sehat
(Sumarni / timesofindia)


(AWP)