Sore Ini, di Padang Bisa Menguji Ketepatan Arah Kiblat

Tri Kurniawan    •    Kamis, 16 Jul 2015 11:55 WIB
ramadan 2015
Sore Ini, di Padang Bisa Menguji Ketepatan Arah Kiblat
Jamaah menghadap Kabah di belakang makam Ibrahim. Foto: MI/Dika Kardi

Metrotvnews.com, Padang: Masyarakat di Padang dapat menguji untuk memastikan apakah arah kiblat selama ini tepat atau tidak pada Kamis 16 Juli 2015. Pukul 16.27 WIB posisi matahari tepat berada di atas Kakbah.

"Kamis 16 Juli pada pukul 16.27 WIB posisi matahari tepat berada di atas Kakbah. (Ini waktu pas) untuk menguji apakah arah kiblat selama ini benar, cukup menghadap ke arah matahari di mana jika ditarik garis lurus akan tepat tiba di atas Kakbah," kata pakar hisab dan rukyat Muhammadiyah Sumatera Barat Firdaus A. N. di Padang.

Menurut dia, ini adalah kesempatan langka. Saat matahari tepat berada di atas Kakbah, mengukur arah kiblat dapat dilakukan dengan cara sederhana, namun akurat.

Apalagi waktunya tepat sehari sebelum 1 Syawal 1436 Hijriyah. Warga yang sedang menyiapkan pelaksanaan Salat Idul Fitri dapat langsung mengecek arah kiblat di lapangan.

Firdaus menyampaikan pengukuran dilakukan lima menit sebelum pukul 16.27 WIB hingga lima menit setelahnya.
Dia mengatakan, arah kiblat di Padang berada pada posisi 65,3 derajat dari utara ke barat dan 24,7 derajat dari barat ke arah kiblat.

Jika ternyata dari pengujian tersebut ditemukan arah kiblat selama ini kurang tepat, pengurus rumah ibadah tidak perlu mengubah bangunan dan cukup mengubah posisi sajadah ke arah yang tepat.

Dia mengemukakan berdasarkan penelitian, sebagian besar arah kiblat masjid dan musala di Padang saat ini mengalami penyimpangan arah kiblat dari yang seharusnya. "Dari 200 masjid dan musala yang diteliti, hanya sekitar 35 yang (arah kiblatnya) benar," kata dia.

Menurutnya, penyimpangan arah kiblat mulai dari satu hingga 40 derajat sehingga ketika salat tidak lagi tepat menghadap ke arah Kakbah.

Dia menjelaskan, penyimpangan arah kiblat disebabkan oleh beberapa hal seperti pemahaman yang berkembang di Padang bahwa arah kiblat selalu menghadap ke barat.

"Padahal ini keliru karena yang benar adalah arah kiblat posisinya 24 derajat ke barat," kata anggota Badan Hisab dan Rukyat Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar itu.

Kemudian, ada yang mematok arah kiblat mengacu pada posisi matahari terbenam. Padahal, posisi matahari terbenam selalu mengalami pergeseran setiap hari kendati sama-sama di barat.

Lalu, ada pengurus masjid dan musala yang arah kiblatnya tidak tepat akibat dihukum oleh tanah dan bangunan serta memutuskan kiblat hanya berdasarkan musyawarah tanpa mengunakan metode penentuan ilmiah.

Hendri, salah seorang pengurus masjid di Padang, mengatakan pihaknya akan mencoba untuk menguji kembali apakah arah kiblat selama ini sudah benar. "Jika keliru akan diluruskan sehingga salat tepat menghadap Kakbah sebagai kiblat umat Islam," kata dia. (Antara)


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA