Lebaran, Ahmadiyah Ikut Jadwal Pemerintah

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 16 Jul 2015 13:24 WIB
demo massa
Lebaran, Ahmadiyah Ikut Jadwal Pemerintah
Pengurus aliran Ahmadiyah Bukti Duri. (Foto: LB Ciputri Hutabarat)

Metrotvnews.com, Jakarta: Aliran Ahmadiyah yang berada di Bukit Duri, Tebat, Jakarta Selatan, akan merayakan Idul Fitri sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Agama. Persoalannya, mereka belum tahu akan salat Id di mana.
 
Diantono, pengurus sekaligus warga yang menempati markas Ahmadiyah, mengatakan, komunitas Ahmadiyah belum menentukan jadwal Lebaran. "Belum tahu, tapi jadwalnya kita ikut pemerintah, tergantung isbat nanti," kata Diantono kepada Metrotvnews.com di Jalan Bukti Duri Tanjakan Batu, Jakarta Selatan, Kamis (16/7/2015).

 
Lelaki 38 tahun itu mengungkapkan, setelah pemerintah mengumumkan 1 Syawal, pihaknya akan menerima kabar dari pengurus Ahmadiyah Pusat mengenai pelaksanaan salat Id. "Belum tahu di mana (salat Id), tunggu dari pusat kabarnya seperti apa," ujarnya.
 
Dian mengaku belum bisa memberi kepastian tempat salat Id karena banyak penolakan dari warga terkait keberadaan mereka. "Karena semuanya tarik ulur. Seperti orang mau salat dan ibadah belum diperbolehkan, apalagi Id nanti kita enggak tahu gimana," ungkap dia.


 
Penolakan warga terhadap Ahmadiyah sudah dilakukan sejak lama. Beberapa demo juga sudah pernah dilakukan oleh warga setempat karena ajarannya dianggap menyimpang dari agama Islam. Akhirnya rumah sekaligus tempat ibadah tersebut di segel oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
 
(FZN)