Takbir Keliling Adalah Ekspresi Kegembiraan Menyambut Hari Kemenangan

Surya Perkasa    •    Kamis, 16 Jul 2015 13:38 WIB
lebaran 2015
<i>Takbir Keliling Adalah Ekspresi Kegembiraan Menyambut Hari Kemenangan</i>
Ilustrasi--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Konvoi saat malam takbiran adalah hal lumrah di sejumlah kota di Tanah Air. Umat Muslim yang bergembira menyongsong Lebaran, biasanya tumpah ruah ke jalan-jalan untuk rayakan datangnya Idul Fitri.

Anggota Komisi VIII DPR Maman Imanulhaq menilai pemerintah dan pihak berwajib pun harusnya memberi ruang untuk warga dalam fenomena tahunan ini.

"‎Takbir keliling adalah bagian dari ekspresi kegembiraan warga dalam menyambut hari kemenangan," kata Maman, Kamis (16/7/2015).

Namun, bukan berarti masyarakat bisa berlaku seenaknya. Semua kelompok masyarakat harus memastikan kegiatan ini tertib, aman, dan tidak melanggar aturan. "Jangan ada yang terganggu karena keriuhan tanpa aturan," ‎tegas politikus PKB ini.

Ketimbang berkonvoi dengan ugal-ugalan, masyarakat harusnya merayakan ‎takbir keliling dengan khusyuk dan sederhana. "Jangan ada korban sia-sia yang jatuh karena kecerobohan," tegas dia.

Warga pun juga harus menyiapkan obat-obatan dan makanan serta minumal kecil. Bertakbirlah. Tapi bertakbir dengan khusyuk dan tertib.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian meminta masyarakat tidak melakukan konvoi takbir keliling di Jakarta dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri. Larangan ini ditujukan agar kondisi lebih tertib.

Menurut Jenderal bintang dua ini, aktivitas konvoi yang kerap muncul selama Bulan Suci Ramadan hanya menimbulkan keresahan, masalah keamanan, dan ketertiban masyarakat. Termasuk terjadinya tindak kekerasan dan pengeroyokan yang biasanya dilakukan oleh anak muda.


(YDH)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

7 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA