Karena Ini Esok Jokowi Tak Sholat Id di Istiqal

Anggi Hasibuan    •    Kamis, 16 Jul 2015 14:28 WIB
Karena Ini Esok Jokowi Tak Sholat Id di Istiqal
Jokowi bersama warga perkampungan nelayan Kuala Bubun, Aceh Barat. (foto: Anggi)

Metrotvnews.com, Meulaboh: Pada hari raya Idul Fitri pertamanya sebagai Presiden RI, Jokowi memulai tradisi baru. Melaksanakan sholat Id berjamaah di daerah, bukan lagi di Jakarta.

Banda Aceh yang mendapatkan giliran pertama. Esok setelah melaksanakan sholat Id dan berlebaran bebersama warga setempat, barulah Jokowi mudik ke Surakarta.

Mengapa tradisi sholat Id di Masjid Istiqal, Jakarta, bersama para petinggi lain yang dipraktekkan Kepala Negara era sebelum-sebelumnya itu Jokowi tidak teruskan?

"Karena Jokowi itu presidennya Indonesia bukan milik Jakarta saja," jawab Jokowi dalam dialog di Masjid Babussalam, Meulaboh, Aceh, Kamis (16/7/2015).

Sebelumnya Jokowi mengingatkan bahwa meski Jakarta adalah Ibu Kota RI, namun Indonesia bukan hanya Jakarta. Wilayahnya luas membentang dari Sabang sampai ke Merauke dan sebagai Kepala Negara diri merasa perlu datang menyapa seluruh warganya.

"Saya memang ingin mengawali dari barat, Aceh. Insha Allah tahun depan (sholat Id -red) ke Sumbar, tahun depannya mungkin ke NTB, tahun depan lagi ke Maluku," sambungnya.

Jokowi mengaku bersyukur dapat kembali ke Aceh. Situasi kini jauh berbeda dibanding saat dirinya berkerja di Aceh Tengah pada 1985 silam.

"Tempat saya dulu ternyata bukan lagi Aceh Tengah, tapi Beneur Meuriah. Ternyata pemekaran wilayah di Aceh banyak sekali. Saya baru tahu ada Kabupaten Nagan, ada Aceh Barat," paparnya disambut tawa warga.

 
(LHE)