Harga Minyak Berbalik Naik di Perdagangan Asia

Antara    •    Kamis, 16 Jul 2015 16:59 WIB
minyak mentah
Harga Minyak Berbalik Naik di Perdagangan Asia
Ilustrasi minyak mentah. FOTO: Reuters/Andrew Cullen

Metrotvnews.com, Singapura: Harga minyak berbalik naik (rebound) di perdagangan Asia pada Kamis. Kenaikan ini menyusul penurunan tajam sehari sebelumnya karena para pedagang mencoba untuk memahami implikasi penuh dari kesepakatan nuklir Iran dengan negara-negara besar.

Seperti dikutip dari AFP, Kamis (16/7/2015), harga patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus naik 35 sen menjadi USD51,76 per barel di perdagangan sore, setelah jatuh USD1,63 di New York pada Rabu.

Sementara harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Agustus naik 37 sen menjadi USD57,42 per barel. Kontrak, yang berakhir pada Kamis, telah jatuh USD1,65 sehari sebelumnya.

"Harga minyak diperdagangkan dalam kisaran sempit saat ini," kata Daniel Ang, seorang analis investasi Phillip Futures di Singapura.

"Ini membingungkan pasar sekarang, itu sebabnya kita melihat perdagangan di kisaran sempit," kata Ang.

Dia mengatakan pasar masih berusaha untuk memahami dampak dari kesepakatan nuklir Iran yang memeriksa program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi ekonomi, memungkinkan Teheran meningkatkan ekspor minyak mentahnya, yang telah berkurang separuhnya akibat pembatasan.

Namun demikian, para analis mengatakan, kembalinya minyak Iran ke pasar global yang sudah kelebihan pasokan tidak akan segera terjadi dan itu baru bisa terjadi pada tahun depan.

Selain itu, mata uang dolar AS yang kuat juga telah mempertahankan tekanan pada harga minyak, karena dihargakan dalam mata uang AS, membuat komoditas lebih mahal, kata para analis.


(AHL)