Penumpang Bus Tujuan Sumenep Diturunkan 'Paksa' di Pamekasan

Agus Josiandi    •    Kamis, 16 Jul 2015 17:02 WIB
lebaran 2015
Penumpang Bus Tujuan Sumenep Diturunkan 'Paksa' di Pamekasan
Sejumlah remaja merayakan malam takbiran di Jakarta, MI/ Immanuel Antonius

Metrotvnews.com, Pamekasan: Puluhan pemudik tujuan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, telantar di Terminal Ronggosukowati Pamekasan. Alasannya, pengemudi enggan membawa mereka ke tujuan.

Parniadi merupakan satu dari 20 orang penumpang bus yang diturunkan di Pamekasan. Parniadi mengaku tercengang saat sopir menurunkannya di Terminal Ronggosukowati. Sebab, ia mengaku tak ada kesepakatan dengan pengemudi soal tersebut.

"Enggak ada perjanjian sebelumnya, tahu-tahu sudah diturunkan di sini (Terminal Ronggosukowati) ," kata Parniadi yang melakukan perjalanan dari Nganjuk, Kamis (16/7/2015).

Dengan demikian, kata Parniadi, ia harus mencari bus yang akan mengantarnya ke Sumenep. Waktu tempuh dari Pamekasan menuju Sumenep berkisar 1,5 jam.

Edi, sopir bus, mengaku terpaksa menurunkan penumpang di Pamekasan lantaran ingin berlebaran bersama keluarga. Sopir khawatir bila pulang malam dari Pamekasan, ia bertemu dengan orang-orang yang menggelar konvoi takbiran di malam Hari Raya Idul Fitri.

Sesuai pengalamannya setahun lalu, orang-orang yang berkonvoi itu melempari busnya. Kaca busnya pecah.

"Saya cari selamat saja, karena kalau sampai malam seringkali kaca bus  dilempar batu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," kata Edi sambil menegaskan peristiwa itu tak terjadi di wilayah Madura.


(RRN)