6.694 Personel Gabungan Kawal Malam Takbiran di Ibu Kota

Deny Irwanto    •    Kamis, 16 Jul 2015 17:44 WIB
ramadan 2015
6.694 Personel Gabungan Kawal Malam Takbiran di Ibu Kota
Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Irjen Tito Karnavian--MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com. Jakarta: Kapolda Metro Jaya Irjen Tito Karnavian menurunkan 6.694 personel gabungan untuk mengamankan malam takbiran 1436 Hijriyah. Ribuan anggota di tempatkan di beberapa titik.

"6.694 gabungan TNI, Satpol PP, Dishub, dan memang mayoritas dari polisi. Menempati pos-pos tertentu, titik-titiknya sudah ditentukan," kata Tito dalam gelar pasukan di Mapolda Metro Jaya, Kamis (16/7/2015).

Jenderal bintang dua ini mengatakan, beberapa anggotanya ada yang di tempatkan, diakses jalur masuk dari arah luar yang menuju ke Jakarta.

Jika ada warga luar Jakarta yang hendak melakukan takbir keliling ke Jakarta, akan dikanalisasi dan dikembalikan ke daerah semula.

"Polisi berjaga di daerah perbatasan, di pintu-pintu perbatasan dari Bekasi, Depok, Tangerang. Sudah ada titik-titiknya yang ditentukan. Sehingga mereka yang melakukan takbir keliling akan diputarbalikkan ke wilayah asalnya biar tidak tumpah ke Jakarta," bebernya.

Untuk titik rawan kemacetan atau penumpukan kendaraan, Tito mengatakan, ada di jalan-jalan protokal di Ibu Kota. Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, Tito mengaku sudah menyiagakan anggotanya.

"Kita waspadai terutama di protokol. Biasanya kan pada pengen berkumpul di Monas, Bundaran HI, dan seterusnya. Nah ini sudah disiapkan beberapa opsi agar tidak terjadi penumpukan di wilayah tersebut.‎ Juga akan ada rekayasa pengalihan lalu lintas," jelas Tito.


(YDH)