Hilal di Bangkalan Terhalang Mendung

Agus Josiandi    •    Kamis, 16 Jul 2015 18:08 WIB
lebaran 2015
Hilal di Bangkalan Terhalang Mendung
Hilal terhalang mendung di Bangkalan (Foto: Agus Josiandi)

Metrotvnews.com, Bangkalan: Akibat mendung tebal di garis cakrawala, tempat berlangsungnya rukyatul hilal di pantai Gebang, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, hilal tak nampak walaupun berdasarkan hasil hisab ketinggian hilal lebih dari dua derajat.

Walau demikian, dari hasil koordinasi Kankemenag, pihak Kanwil Kemenag Jawa Timur mengatakan bahwa tim rukyah melihat hilal saat proses rukyatul hilal di gresik.

"Di Bangkalan hilal tak nampak akibat mendung tebal, padahal berdasarkan hisab ketinggian hilal cukup baik untuk dilihat langsung, karena lebih dari dua derajat," terang Kepala Kemenag Bangkalan, Muarif Tantowi, Kamis (16/7/2015).

Proses rukyatul hilal yang seharusnya berlangsung selama lima belas menit terpaksa dihentikan beberapa menit sebelum batas waktu yang ditetapkan. Ini disebabkan mendung diufuk barat sangat tebal, hingga tak ada benda langit yang terlihat sama sekali.

Namun demikian, dari hasil koordinasi, diketahui bahwa proses rukyatul hilal yang dilakukan Kakanwil Kemenag Jatim di Gresik, Jatim, bisa melihat secara langsung hilal.

Tetapi pihak Kemenag akan menunggu hasil sidang isbat yang dilakukan Kemenag pusat  malam ini.

"Kita lihat saja hasil sidang isbat dari Kemenag pusat seperti apa," ujar Kepala Kemenag Bangkalan.
 


(FJR)

Dalami Konten Video, Polisi Kembali Periksa Miryam Pekan Ini

Dalami Konten Video, Polisi Kembali Periksa Miryam Pekan Ini

4 hours Ago

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya akan kembali memeriksa Miryam S Ha…

BERITA LAINNYA