Pasar Kue Lebaran Diserbu, Omzet Rp100 Juta/Hari Dikantongi

Kumbang Ari    •    Kamis, 16 Jul 2015 18:33 WIB
ramadan 2015
Pasar Kue Lebaran Diserbu, Omzet Rp100 Juta/Hari Dikantongi
Pasar kue lebaran bisa raup omzet Rp100 juta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Metrotvnews.com, Lumajang: Momentum hari raya Idul Fitri menjadi berkah tersendiri bagi para pelaku industri kecil menengah. Tak terkecuali para pedagang jajanan dan kue Lebaran di Lumajang, Jawa Timur yang mengalami kenaikan omzet hingga 100 persen lebih.

Berdasarkan pantauan, suasana stan penjual kue Lebaran di pasar tradisional Lumajang, Kamis (16/7/2015), warga berburu aneka ragam kue untuk disajikan saat hari kemenangan.

Tradisi menjamu tamu yang berkunjung ke rumah saat Lebaran, membuat kue kering laris manis diburu konsumen. Menurut pedagang, seiring mendekati hari raya Idul Fitri, kenaikan omzet penjualan melesat hingga seratus persen.

Di mana pada awal Ramadan dia bisa memperoleh Rp50 juta per hari, tapi kini naik menjadi Rp100 juta rupiah per hari. Namun, stok kue kering hanya untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran di hari-hari biasa para pedagang kebanyakan menjual tembakau dan peralatan dapur.

Mereka sengaja beralih berjualan kue karena permintaan pada bulan Ramadan dan Idul Fitri sangat besar. Beragam kue Lebaran pun tersedia di stan pasar, mulai kue nastar, keripik pisang, kuping gajah hingga kue putri salju.

Rata-rata, para pedagang mematok harga kue kering antara Rp35 ribu hingga Rp50 ribu per setengah kilogramnya.


(AHL)