Rusia Tolak Pengadilan Internasional Jatuhnya MH17

Fajar Nugraha    •    Jumat, 17 Jul 2015 08:07 WIB
malaysia airlines
Rusia Tolak Pengadilan Internasional Jatuhnya MH17
Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Moskow: Presiden Rusia Vladimir Putin menolak keras wacana menggelar pengadilan internasional, terkait jatuh pesawat Malayasia Airlines MH17.

"Menggelar pengadilan internasional yang bisa berujung pada dijatuhkannya dakwaan terkait ditembak jatuhnya pesawat Malaysia Airlines penerbangan MH17 di atas Ukraina timur akan kontraproduktif," ujar Putin, seperti dikutip VOA Indonesia, Jumat (17/7/2015).

Menurut pihak Istana Kremlin, Putin menyampaikan komentarnya itu dalam percakapan telepon dengan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Dalam percakapan pada Kamis (16/7/2015), Putin "menjelaskan posisi Rusia terkait inisiatif yang prematur dan kontraproduktif" itu oleh sejumlah negara, termasuk Belanda.

Mayoritas dari 298 orang yang tewas pada 17 Juli 2014 ketika pesawat itu tertembak di atas wilayah udara Ukraina, merupakan warga negara Belanda.

Belanda bekerja sama dengan Malaysia, Australia, Belgia, dan Ukraina untuk menghendaki digelar pengadilan internasional untuk menyelidiki insiden penerbangan MH17 itu.

Para penyelidik Belanda yang memimpin upaya internasional terkait jatuhnya pesawat rute Amsterdam-Kuala Lumpur itu dijadwalkan akan merilis laporan akhir pada Oktober.

Dilaporkan, penyelidikan yang tengah berlangsung itu menunjukkan adanya rudal darat ke udara yang ditembakkan dari sebuah desa yang dikuasai separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Ukraina dan banyak negara Barat telah melancarkan tuduhan serupa. Namun Rusia dan para pemberontak membantah bertanggung jawab dan menuduh militer Ukraina menyebabkan jatuhnya pesawat itu
 


(FJR)

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

KPK Periksa Istri Novanto Senin Depan

3 hours Ago

Deisti diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Dirut PT Quadra Solution, Anang Sugiana Sudiharj…

BERITA LAINNYA