Review Mini PC

ASUS Vivo VM62, Mini PC dengan Performa Memuaskan

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 17 Jul 2015 11:27 WIB
review laptop
ASUS Vivo VM62, Mini PC dengan Performa Memuaskan
ASUS Vivo VM62, Mini PC untuk berbagai kebutuhan

Metrotvnews.com, Jakarta: ASUS sudah dikenal sebagai produsen veteran untuk urusan hardware dan notebook. Menyambut era komputer yang semakin ringkas, mereka juga memilik satu varian produk yang mengusung konsep minimalis, Vivo. Ia  merupakan varian produk ASUS khusus untuk mini PC.

ASUS Vivo VM62 adalah salah satu mini PC yang sudah terseda di meja pengujian kami. Dari kesan pertama saja, saya sudah bisa menebak bahwa ini adalah mini PC yang tak bisa diremehkan.

Vivo VM62 memiliki bentuk yang mengacu pada Intel NUC, produk pertama alias pionir dari Intel yang memelopori era mini PC. Namun, secara ukuran, mini PC ini terlihat lebih besar. Hal tersebut wajar karena spesifikasi dan antarmuka yang tersedia jauh lebih banyak dari Intel NUC.



Vivo VM62 dibalut dengan warna abu-abu metal yang elegan. Bentuknya yang mirip dengan kotak kecil membuatnya cukup ringkas untuk diletakkan di sebelah televisi atau meja kerja. Pada sisi depannya, Anda dapat melihat speaker SonicMaster untuk menjamin kualitas suaranya. Di bagian ini juga terpasang dua LED untuk status PC sedang bekerja dan status PC sedang menyala.

Penutup atasnya sendiri dapat dibuka untuk keperluan pemasangan HDD. Ya, Vivo VM62 memberikan akses kepada pengguna untuk menggunakan HDD dengan kapastias yang lebih besar, atau menggunakan SSD untuk kecepatan transfer yang lebih apik.

Mini PC dari ASUS ini mendukung pemasangan dua unit HDD berukuran 2,5 inci. Membuka pembungkus HDD memungkinkan pemasangan satu unit HDD 3,5 inci.



Untuk konektivitasnya, ASUS Vivo VM62 menyediakan antarmuka yang cukup banyak. Pada bagian belakangnya terpasang empat port USB 3.0, tombol power, slot SD Card, pengunci penutup atas, dua port USB 2.0, dan port RJ45 ntuk Ethernet. Untuk tampilan visual, mini PC ini menyediakan masing-masing satu port HDMI dan DisplayPort, tak lupa dengan jack audio dan mikrofon 3,5 inci. Uniknya, Vivo VM62 juga menyediakan port S/PDIF.

Beralih ke performa, ASUS Vivo VM62 adalah mini PC yang sanggup menjalankan berbagai kebutuhan kantoran dan rumahan. Pengguna tak perlu khawatir ketika mengoperasikannya untuk mengetik atau bahkan memutar film pada resolusi 2K.

Mini PC ini hadir dalam dua macam yang dibagi berdasarkan pengguna prosesor Intel Core i5-4210U dan Core i3-4030U. Spesifikasi secara lengkap bisa Anda lihat pada tabel di bawah.







Seperti yang Anda lihat pada hasil benchmark di atas, ASUS Vivo VM62 masih kuat menjalankan pengujian 3DMark Fire Strike yang menuntut performa kartu grafis mumpuni, setidaknya dalam batasan tertentu. Memang bukan dirancang untuk gaming, tetapi konsumen setidaknya masih bisa memainkan game-game kelas ringan melalui mini PC ini.

Untuk operasionalnya lebih jauh, mini PC ini sudah dilengkapi dengan OS Windows 8.1 yang dilengkapi dengan aplikasi khusus. Aplikasi ini berguna untuk mengawasi komponen yang beroperasi, termasuk panas yang sedang dihasilkan. Berbicara mengenai panas, ASUS Vivo VM62 bisa dibilang adem, sekalipun dalam ruangan yang tak menggunakan pendingin. 

ASUS Vivo VM62 adalah Mini PC yang tepat untuk Anda yang memerlukan sebuah PC yang bisa menghemat ruang dan menginginkan performa yang memadai untuk berbagai kebutuhan kantoran. Mini PC ini juga cocok untuk mereka yang menginginkan sarana hiburan di ruang keluarga, yang sanggup memutar berbagai film dengan resolusi tinggi.
 

  ASUS Vivo VM62
Prosesor Intel Core-i5 4210U @ 1,7 GHz
GPU Intel HD Graphics 4400
RAM 4 GB
Penyimpanan 128 GB SSD + 500 GB HDD
Bobot 1,2 Kg
Paket Penjualan Adapter, Manual, Setup Instruction, Warranty Card, Mouse, Keyboard.
Harga Rp5.500.000

 
 


(ABE)