Ini Alasan Kenapa Harus Makan Ikan

   •    Jumat, 17 Jul 2015 10:18 WIB
kesehatan
 Ini Alasan Kenapa Harus Makan Ikan
Sajian olahan daging ikan (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Ikan dianggap sebagai santapan rendah kalori yang apabila dikonsumsi secara teratur tidak terlalu berdampak pada naiknya berat badan.

Anda bisa memakannya dua kali sehari, tapi tidak setiap hari. Ada alasan sehat untuk makan ikan. Ikan juga disebut dapat menutrisi otak karena mengandung asam lemak omega-3. Nutrisi ini penting bagi tubuh Anda.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi ikan, mencegah risiko kanker, menetralisir masalah usus serta menjadikan darah lebih sehat. Berikut beberapa manfaat lain dari ikan.

Sarat akan nutrisi

Ikan berlemak seperti salmon, tuna dan sarden dianggap sangat sehat karena mereka memberikan Vitamin D. Tentu saja, mereka juga menyediakan asam lemak Omega-3 yang berperan dalam mencegah masalah kesehatan tertentu. Dan lagi, ikan juga mengandung protein, vitamin dan yodium yang baik untuk tubuh.

Meningkatkan pertumbuhan yang sehat

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa asam lemak omega-3 pada ikan memainkan peran penting dalam pertumbuhan. Terutama dalam pertumbuhan otak, mata dan kulit yang sehat.

Mencegah depresi

Orang yang menderita gangguan depresi dapat mengalami suasana hati yang selalu sedih dan melankolis. Sebuah studi baru-baru ini mengklaim bahwa makan ikan dapat mencegah risiko depresi karena adanya asam lemak omega-3 di dalamnya.

Mencegah masalah kardiovaskular

Banyak sumber mengklaim bahwa ikan baik untuk jantung. Masalah jantung dan stroke dapat dicegah dengan mengonsumsi ikan secara teratur. Beberapa penelitian melaporkan bahwa mereka yang makan ikan dapat meminimalkan risiko penyakit jantung hingga 12 persen.

Meningkatkan kualitas tidur Anda

Beberapa studi yang dilakukan pada satu kelompok orang yang termasuk kelompok usia yang berbeda menyimpulkan bahwa makan ikan dua kali seminggu dapat meningkatkan pola tidur lebih baik dan menghindari terkena insomnia.

Menambah kualitas sperma

Meskipun tidak ada bukti kuat untuk membuktikan hal ini, beberapa sumber mengatakan bahwa ikan dapat membantu sel-sel sperma untuk sampai ke sel telur dengan cepat. Sehingga memudahkan dalam proses pembuahan.

Memberi asupan vitamin D

Sebagian besar orang kekurangan vitamin D mungkin karena tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D yang hilang bisa didapat dari ikan. Maka dari itu, Anda perlu menambahkan ikan dalam menu sehari-hari.


Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

3 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA