Tak Dapat Fasilitas Dana Pensiun, Kelola Uang Lewat Produk Perbankan

Eko Nordiansyah    •    Jumat, 17 Jul 2015 14:30 WIB
rehat
Tak Dapat Fasilitas Dana Pensiun, Kelola Uang Lewat Produk Perbankan
ilustrasi bank (MI,MOHAMAD IRFAN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy Commonwealth Bank Indonesia (BI) Rian Kaslan mengatakan, dana pensiun sangat penting bagi setiap pekerja. Apalagi jika pekerja tidak memiliki fasilitas dana pensiun dari perusahaan.

"Karena pengeluaran untuk gaya hidup seperti liburan, belanja dan biaya kesehatan cenderung meningkat selama masa pensiun," ujar dia kepada Metrotvnews.com, beberapa waktu lalu, seperti diberitakan Jumat (17/7/2015).
Dirinya menambahkan, penting pula menyisihkan pendapatan dan berinvestasi sejak dini.

"Maka sangat penting bagi kita sedari dini mulai menyisihkan pendapatan dan berinvestasi untuk mempersiapkan dana di masa pensiun nanti," lanjutnya.

Untuk itu, dirinya menyarankan untuk masyarakat mengelola dana melalui perbankan. Sebab, dinilai lebih memiliki keuntungan dengan berbagai pilihan jenis produk yang ditawarkan oleh Bank.

"Dengan mengelola keuangan melalui perbankan, maka nasabah dapat memperoleh beberapa keuntungan, seperti dapat memilih berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh bank sesuai dengan kebutuhannya," terang dia.

Sementara itu, untuk kebutuhan transaksional dan jangka pendek ada pilihan produk tabungan atau deposito, sedangkan untuk kebutuhan jangka panjang ada beberapa pilihan seperti investasi reksa dana atau obligasi ritel dan asuransi.

"Selain beragam produk-produk yang ditawarkan juga telah melalui proses seleksi dan review berkala sehingga memiliki kualitas dan kinerja yang baik. Bank bisa menyediakan layanan khusus yang memberikan kemudahan dalam mengelola keuangan," pungkasnya. 


(SAW)