Menkominfo Apresiasi Kesiapan Indosat Hadapi Lebaran

Husen Miftahudin    •    Jumat, 17 Jul 2015 14:51 WIB
indosat
Menkominfo Apresiasi Kesiapan Indosat Hadapi Lebaran
indosat

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Komunikasi Informatika (Menkominfo) Rudiantara melakukan pemantauan kesiapan operator telekomunikasi nasional dalam menghadapi Lebaran. Salah satu operator telekomunikasi nasional yang dikunjungi adalah fasilitas Indosat Network Operation Center (i-NOC) di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Fasilitas baru i-NOC merupakan pengendalian jaringan untuk mendukung dan memastikan komunikasi pelanggan selama masa puasa dan lebaran yang terdapat dalam beberapa ruangan diisi oleh peranglat untuk memonitor jaringan telekomunikasi yang terintegrasi dengan sistem i-NOC.

"Harus seperti ini, network control di Indosat sudah bagus. Belum semua operator punya fokus pada network control ini. Indosat getting better-lah," ujar Rudiantara dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Di dalam fasilitas i-NOC terdapat layar di command room untuk berkomunikasi dengan daerah seperti Denpasar, Bandung dan Surabaya. Manajemen masalah bisa ditangani dengan cepat karena terdapat control room di sebelah command room. Layar seukuran mobil membentang di tengah ruangan, menunjukkan kondisi real-time jaringan Indosat di seluruh Indonesia. Jika ada masalah, tim i-NOC langsung bisa diselesaikan karena semuanya langsung dipantau.

"Kalau dilihat dari i-NOC, kelihatan lebih bagus dari tahun lalu. Meningkat data trafficnya 200 persen," imbuhnya.
Sementara itu, Presdir & CEO Indosat, Alexander Rusli mengaku sudah menyusun pembentukan i-NOC sejak tiga bulan lalu. Dalam kurun waktu itu, Indosat sudah melakukan test drive atau percobaan jaringan. Khususnya di jalur Cipali yang kini sedang dipadati pemudik, hasilnya ada penambahan kapasitas jaringan bagi semua pelanggan Indosat.

"Peningkatan kapasitas sudah dioperasikan sejak dua - tiga bulan yang lalu. Modernisasinya bahkan sudah dari tahun lalu," ujar Alex.

Soal peningkatan trafik, ia sepakat dengan Rudiantara. Lebaran tahun ini Indosat melayani permintaaan yang meningkat dua kali lipat. Artinya, trafik telekomunikasi meningkat 200 persen dibanding dengan trafik lebaaran setahun yang lalu. "Trafik data yang meningkat pesat, sementara trafik voice dan sms tak seberapa," pungkas Alex.
 
 


(SAW)