Kajian Pembentukan Bank BUMN Syariah Masuki Tahap Akhir

Dian Ihsan Siregar    •    Jumat, 17 Jul 2015 15:04 WIB
perbankan syariah
Kajian Pembentukan Bank BUMN Syariah Masuki Tahap Akhir
ilustrasi bank (ANTARA,Ismar Patrizk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang berusaha keras mengkaji tahap akhir bentuk penggabungan bank BUMN Syariah. Setelah ada format bentukan maka akan dilaporkan kepada Menteri BUMN.

"Kita kerjakan kajiannya, usulan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mereka inginnya punya BUMN syariah gede, salah satu cara konversi menjadi salah satu BUMN kan konversi salah satu BUMN," kata Asisten Deputi Usaha dan Jasa Bank, Asuransi Kementerian BUMN Wahyu Kuncoro kepada Metrotvnews.com, seperti diberitakan Jumat (17/7/2015).

Dia menjelaskan, pihak BUMN sudah berkonsultasi ke OJK dan mereka menginginkan adanya merger. Sehingga aset bank BUMN syariah yang dimiliki sangat besar.

"Sejalan dengan rencana itu, dulu kan Bank Syariah Mandiri (BSM) mau jadi pimpin merger bank BUMN syariah, karena BSM paling siap," ungkap dia.

Pihak induk dan pemilik PT BNI Syariah, PT Bank Syariah Mandiri, PT BRI Syariah, dan unit usaha syariah (UUS) Bank BTN sudah merestui langkah merger tersebut. Tapi, langkah ini sangatlah tidak mudah menjalankannya, sehingga harus dibutuhkan waktu yang cukup.

Harus ada regulasi yang harus diubah dan dibenahi dalam menggabungkan anak usaha yang dimiliki keempat induk bank pelat merah tersebut. Hal ini dilakukan agar mekanisme yang diambil benar-benar matang, kalau pun sudah berjalan penggabungannya diharapkan sesuai apa yang diinginkan.

Mengenai target waktu penggabungan tersebut, Wahyu belum bisa menjelaskan target tersebut bisa terselesaikan sampai kapan. Namun, langkah penggabungan ini tetap berjalan terus, dan tidak akan terhenti.

"Kita tetap kerjakan terus, di tempat saya kebanyakan di reasuransi dan bank. Jadi godok langkah ini juga. Kita juga pakai tim dari masing-masing perbankan untuk menyelesaikan kajian penggabungan," tutup dia.




(SAW)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

5 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA