Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui

   •    Jumat, 17 Jul 2015 17:08 WIB
kesehatan
Manfaat Air Putih yang Jarang Diketahui
Air mineral (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Supaya tetap sehat, sangat penting mengganti cairan yang hilang saat akibat bernapas, keringat atau buang air kecil. 

Menurut Otoritas Keamanan Makanan Eropa, mereka merekomendasikan bahwa perempuan harus minum sekitar 1,6 liter cairan dan laki-laki harus minum sekitar 2,0 liter cairan per hari. Itu sekitar delapan gelas berukuran 200ml untuk seorang perempuan dan 10 gelas untuk laki-laki.

Namun sebenarnya jumlah seorang perlu minum untuk menghindari dehidrasi bisa bervariasi tergantung dari berbagai faktor seperti ukuran tubuh, suhu, dan seberapa aktif orang tersebut. 

Ada beberapa alasan dan manfaat mengapa Anda harus minum cukup air putih daripada minuman lainnya. Selain baik untuk tubuh, air putih juga efektif untuk menurunkan berat badan dan berikut alasannya.

1. Minum air kurangi rasa lapar

Kebanyakan orang saat merasa lapar otomatis akan mencari makanan. Tetapi sebenarnya sinyal rasa lapar dan haus itu sama persis. Saat Anda melakukan kebiasan minum cukup dan menjaga tidak terhidrasi itu bisa membantu mengurangi rasa lapar Anda dan menekan Anda untuk makan secara berlebihan. Dengan demikian, Anda hanya akan menangkap sinyal makan yang sesungguhnya jika tubuh Anda benar-benar butuh makanan bukan hanya air.

2. Air sediakan energi untuk otak

Saat Anda haus, otak Anda akan memberitahu bahwa Anda membutuhkan air. Tubuh memang membutuhkan air tetapi air lebih banyak dibutukan pada otak Anda ketimbang bagian tubuh yang lain. Otak setiap manusia mengontrol setiap proses yang terjadi di dalam tubuh dengan kurang lebih 80 persen air. Makanya setiap kekurangan air, otak Anda akan terlebih dulu merasakannya.

Otak Anda memiliki sumber energi yang potensial. Energi dari otak yang berasal dari air bisa disamakan dengan energi listrik tenaga air yang mana tidak melibatkan kalori sedikit pun. Maka dari itu, jika Anda terhidrasi dengan baik, Anda hanya akan makan apa yang Anda butuhkan dan tentu hal ini bisa membuat berat Anda turun.

3. Minum air bisa menghancurkan lemak

Anda mungkin tidak tahu bahwa pemecahan lemak itu tergantung pada air yang masuk dalam tubuh. Enzim yang disebut lipase berperan untuk memecah lemak dalam tubuh dan lipase membutuhkan air dalam pasokan yang cukup untuk bekerja. Jadi meminum air yang cukup bisa membuat enzim lipase bekerja dengan baik sehingga bisa memecah lemak yang bisa menyebabkan berat badan naik secara efisien.

4. Air meningkatkan energi

Waktu yang paling penting untuk minum air itu saat Anda bangun tidur pasti Anda mengalami dehidrasi. Dengan minum air ini bisa membantu Anda berenergi dalam menjalani aktivitas. Maka dari itu penting memulai hari Anda dengan bersemangat yaitu dengan cara minum air yang cukup. (Sumarni/Venusbuzz)

(ASA)