Ingin Pikiran Tetap Fokus? Bantu dengan Makanan Ini!

   •    Jumat, 17 Jul 2015 17:22 WIB
kesehatan
Ingin Pikiran Tetap Fokus? Bantu dengan Makanan Ini!
Ilustrasi (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Gaya hidup yang super sibuk bisa membuat konsentrasi orang mudah terpecah. Apalagi untuk wanita karir yang bekerja, yang juga harus mengurusi keluarga. Tetapi, ada cara mudah yang bisa membuat Anda tetap fokus. Bagaimana caranya? Berikut makanan-makanan untuk otak yang bisa membuat Anda selalu fokus.

1. Kafein

Kafein baik untuk membuat Anda tetap fokus, asalkan Anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan. Terlalu banyak kafein juga tidak baik karena bisa membuat Anda gelisah dan malah menjadi tidak berkonsentrasi.

2. Gula

Makanan ringan alami seperti buah segar yang mengandung gula alami cocok untuk membuat otak Anda tetap fokus. Karena sesendok gula bisa membuat Anda selalu berkonsentrasi akan satu hal.

3. Ikan

Memakan ikan yang kaya asam lemak omega-3 dua kali seminggu bisa memberikan otak Anda vitamin yang dibutuhkan untuk mengembangang fungsi otak tersebut dengan baik. Lebih baik lagi jika Anda memilih ikan yang rendah dari isi mekuri seperti ikan salmon.

4. Bluberi

Buah bluberi bisa membantu melindungi otak Anda dari penyakit alzhaimer dan demensia. Studi juga menunjukkan hubungan antara hewan yang makan buah ini memiliki kemampuan belajar yang meningkat.

5. Jagung

Menambahkan jagung pada makanan Anda bisa membantu Anda selalu fokus. Jagung bisa diolah menjadi popcorn karena kaya vitamin B6, B12, dan vitami E. Kudapanan renyah ini diyakini bisa menambah kekuatan otak dan memori setiap orang.

6. Alpukat

Tidak hanya berfungsi menurunkan kadar kolestrol jahat, alpukat juga bisa mengurangi risiko plak untuk meningkatkan aliran darah dan bahan bakar pada kekuatan otak Anda. Alpukat juga tinggi asam lemak omega-3 dan merupakan alternatif bagus untuk makanan laut bagi mereka yang tidak menyukai ikan.

7. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Memakan segenggam kacang untuk mengisi antioksidan dan protein bisa membantu Anda selalu fokus. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga membantu memberikan perlindungan jangka panjang otak Anda terhadap penurunan fungsi kognitif Anda.

8. Sayuran hijau

Melahap sayuran hijau seperti bayam, brokoli, peterseli dan kubis bisa menjaga pikiran Anda tetap tajam dan berkonsentrasi. Hal ini berkat jumlah tinggi asam folat yang ada pada sayuran hijau tersebut.

9. Sarapan rendah kalori

Untuk meningkatkan fokus, Anda perlu mengisi tubuh Anda dengan sarapan di pagi hari. Pastikan Anda menyertakan buah-buahan, susu dan sereal yang tinggi serat dan rendah kalori.

10. Suplemen

Apabila Anda sudah tidak bisa mendapatkan makanan-makanan di atas yang cukup untuk setiap harinya, maka Anda perlu menambahkan suplemen. Vitamin B, C, E dan nutrisi seperti beta-karoten , magnesium, gingseng dan ginkgo diperkilakan bisa meningkatkan memori dalam otak dan kemampuan agar selalu fokus. (Sumarni/timesofindia)

(ASA)


KPK Ambil <i>Medical Record</i> Setya Novanto

KPK Ambil Medical Record Setya Novanto

9 hours Ago

Salah satu staf pimpinan DPR yang kerap mengurus keperluan Novanto mengaku, rombongan KPK berku…

BERITA LAINNYA