7 Penyebab Gigi Sensitif

   •    Jumat, 17 Jul 2015 19:11 WIB
7 Penyebab Gigi Sensitif
Ilustrasi gigi sensitif (Foto: Getty Images)

Metrotvnews.com: Apakah Anda sering merasakan linu saaat minum es? Jika iya, Anda mungkin menderita gigi sensitif. Sensitivitas gigi merupakan masalah gigi paling umum yang memengaruhi hampir 70 persen orang di seluruh dunia. 
 
Penyebab dasar gigi sensitif karena lapisan atas enamel pada gigi terdapat  bagian yang di sebut pulp. Pulp mengandung saraf sensorik dari gigi. Ketika daerah ini terbuka, rasa seperti panas, dingin, asam dan sangat manis bisa dirasakan berkali-kali lebih kuat.
 
Inilah beberapa penyebab utama gigi sensitif:

1. Gusi terkikis

Gusi yang menyusut bisa disebabkan oleh usia lanjut, karena teknik menyikat gigi yang tidak tepat, atau dengan menyikat gigi terlalu keras. Ketika gusi surut, dentin dan akar gigi bisa terbuka dan menyebabkan rasa panas, dingin, asam dan manis menjadi kuat hingga mengakibatkan gigi Anda sering terasa linu.

2. Radang gusi

Penyakit radang gusi bisa melemahkan gusi. Apabila memburuk, bisa menyebabkan peradangan gusi di sekitar dasar gigi dan akar serta saraf yang terbuka, sehingga menyebabkan sensitivitas.

3. Gigi retak

Setiap celah eksternal pada permukaan gigi memungkinkan bakteri di dalam mulut untuk menemukan jalan mereka ke akar gigi dan menyebabkan infeksi. Jika tidak segera diobati, dapat menjadi penyebab sakit kepala bahkan menyebabkan hipersensitivitas pada gigi. 

4. Kebiasan makan yang tidak sehat

Apapun yang Anda makan bisa mempengaruhi kesehatan gigi Anda. Terlalu banyak konsumsi makanan manis dan lengket (cokelat, permen dan es krim), makanan dengan kandungan asam (acar dan stroberi), minuman bersoda, atau makanan yang sangat panas bisa berperan membuat enamel hadir pada gigi dan menyebabkan gigi sensitif dalam beberapa waktu.

5. Bruxism

Orang yang saat tidur terbiasa menggiling gigi atau yang kerap disebut bruxism, juga memungkinkan menghilangkan lapisan enamel yang keras secara bertahap dan akan menyebabkan Anda menderita sensitivitas gigi.

6. Menyikat gigi tanpa odol

Menyikat gigi dengan keras tanpa odol seperti mengamplas pada kayu. Yang artinya, bisa menipis dan bisa menyebabkan enamel pada permukaan gigi hilang, sehingga membuatnya lebih rentan terhadap sensitivitas.

7. Menggunakan obat kumur

Kebanyakan obat kumur yang tersedia memang membantu membuat nafas Anda segar. Tetapi isi asam dalam obat kumur bisa menghancurkan enamel pada permukaan gigi, membuat mereka melemah hingga membuat gigi menjadi lebih sensitif. (Sumarni/Timesofindia)

(ASA)

KPK Diminta Hati- hati dengan Fitnah Nazaruddin

KPK Diminta Hati- hati dengan Fitnah Nazaruddin

43 minutes Ago

Tridianto mengatakan, sejak kasus Hambalang menguak, Nazaruddin dianggap kerap memfitnah Anas.&…

BERITA LAINNYA