Tips untuk Memastikan Smartphone Anda Tetap Aman

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 18 Jul 2015 07:07 WIB
tips & trik
Tips untuk Memastikan Smartphone Anda Tetap Aman
Letakkan ponsel di kantong dalam dari tas Anda. (CNET)

Metrotvnews.com: Lebaran adalah waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan teman-teman. Sayangnya, terkadang ada orang-orang yang memanfaatkan momen-momen seperti lebaran untuk mencuri. Dan ponsel merupakan salah satu barang yang paling mudah dicuri. Inilah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memastikan ponsel Anda tetap aman.

1. Gunakan casing
Salah satu alasan mengapa smartphone menjadi sasaran para pencuri adalah karena ukurannya yang kecil sehingga sangat mudah untuk diambil dan disembunyikan. Selain itu, dengan model ponsel yang sangat mirip dengan satu sama lain sekarang ini, Anda akan kesulitan untuk memastikan bahwa sebuah ponsel adalah milik Anda jika Anda tidak memberikan sentuhan pribadi, seperti casing.

Selain membuat ponsel Anda terlihat berbeda, casing juga dapat membantu untuk memastikan ponsel Anda tetap aman dari goresan atau bantingan. Casing dengan desain sederhana memang mungkin terlihat kurang menarik, tetapi ia dapat membantu Anda menyembunyikan karakteristik ponsel Anda, terutama jika ponsel Anda adalah sebuah flagship yang mudah dikenali. Sebaliknya, casing dengan model yang unik mungkin memang akan membuat ponsel Anda terlihat cantik, tetapi ia juga akan membuat menarik perhatian para potensial pencuri pada ponsel Anda.

2. Cara memegang
Cara paling efektif untuk memastikan ponsel Anda aman di tempat umum adalah dengan menyembunyikannya. Sayangnya, cara ini tai visa dilakukan setiap saat. Kebanyakan orang selalu ingin menggunakan smartphone mereka, baik untuk bekerja ataupun sekedar untuk bermain.

Salah satu hal yang dapat Anda lakukan agar ponsel Anda tidak menjadi sasaran empuk pencuri adalah dengan menggenggamnya dengan erat. Genggam ponsel Anda dengan dua tangan. Kaitkan jari-jari Anda sehingga mereka membentuk palang di sekitar ponsel Anda. Selain menurunkan risiko tercuri, cara menggenggam seperti ini juga dapat membantu Anda untuk menggenggam ponsel Anda dengan lebih baik, terutama jika ponsel Anda memiliki layar yang cukup besar.



3. Perhatikan sekeliling Anda
Saat Anda menggunakan gadget Anda di tempat umum, cobalah untuk tetap awas pada lingkungan sekitar. Karena mengacuhkan lingkungan sekitar Anda sama sekali tidak hanya membuat gadget Anda dalam bahaya, tetapi diri Anda sendiri juga.

Saat Anda menggunakan earphone untuk mendengarkan musik, pastikan suara musik tidak terlalu kencang sehingga Anda masih bisa mendengar suara di sekeliling Anda. Tidak jarang kecelakaan terjadi karena seseorang terlalu sibuk dengan gadget mereka. Saat Anda duduk, pastikan Anda menggenggam ponsel Anda dengan erat atau meletakkan ponsel Anda di bagian yang sulit diraih pencuri. Sesekali, melihatlah ke sekeliling, terutama saat Anda sedang menelpon seseorang. Jangan bengong. Orang yang terlihat tidak sadar dengan keadaan sekitar akan menjadi target pencuri.

4. Jangan pamer
Berhati-hatilah dengan orang yang tidak dikenal yang terlihat sangat tertarik dengan ponsel Anda. 

5. Letakkan ponsel Anda di tempat yang sulit untuk diraih
Kantong merupakan tempat yang paling mudah bagi Anda untuk meraih ponsel Anda. Tetapi kantong juga merupakan tempat pertama yang akan dirogoh oleh para pencuri. Jika Anda meletakkan smartphone Anda di kantong, para pencuri dapat dengan diam-diam mengambilnya tanpa sepengetahuan Anda. Atau mereka bisa saja bekerja berkelompok dimana salah seorang dari mereka akan mengalihkan perhatian Anda dan seorang lagi mengambil ponsel Anda.

Karena itu, letakkan ponsel di tempat yang sulit dicapai, seperti di kantong dalam jaket Anda, atau di kantong bagian dalam tas Anda. Dengan begitu, para pencuri tidak akan dapat dengan mudah mengambil ponsel Anda tanpa Anda sadari. Jika Anda ingin meletakkan ponsel di dalam kantong, sebaiknya Anda memastikan bahwa Anda tetap dapat merasakan apakah ponsel Anda masih ada di kantong atau tidak. (CNET)




(ABE)