Pemimpin Hamas, Raja Saudi Jabat Tangan Usai Salat Idul Fitri

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 18 Jul 2015 07:55 WIB
arab saudi
Pemimpin Hamas, Raja Saudi Jabat Tangan Usai Salat Idul Fitri
Raja Salman dikabarkan bertemu dengan para pemimpin Hamas (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Riyadh: Untuk pertama kalinya Raja Arab Saudi melakukan pertemuan dengan para pemimpin Hamas. Bahkan Raja Salman berjabat tangan dengan pemimpin Hamas.

Peristiwa bersejarah ini terjadi setelah Salat Idul Fitri di Mekkah. Ini menunjukkan meredangya ketegangan antara Hamas dengan Arab Saudi. Demikian diberitakan VOA Indonesia, Sabtu (18/7/2015).

Selama ini, di bawah kepemimpinan almarhum Raja Abdullah, Hamas tidak pernah diterima oleh Arab Saudi. Kedekatan kelompok itu dengan Iran menjadi salah satu alasannya.

Pertemuan kedua pemimpin ini dilaporkan oleh sebuah situs Hamas. Sementara Pemerintah Arab Saudi tidak menjelaskan secara resmi mengenai pemimpin Hamas,-termasuk Khalid Meshaal, yang selama ini tinggal di Qatar- ke Negeri Kaya Minyak itu.

Selain Raja Salman, Meshal juga melakukan pertemuan dengan Kepala Intelijen Arab Saudi. Tidak diketahui apa isi pertemuan tersebut.

Kunjungan ini terjadi beberapa hari setelah tercapai kesepakatan nuklir antara Iran dengan negara-negara kekuatan dunia yang mengundang kekhawatiran di antara negara-negara lain di Timur Tengah.

Hubungan antara Arab Saudi dan Hamas mulai menegang sejak gagalnya persetujuan rekonsiliasi antara Hamas dan rival politiknya, Faksi Fatah. Kelompok yang dipimpin Presiden Palestina Mahmoud Abbas, menguasai wilayah Tepi Barat sementara Hamas menguasai Gaza.
 


(FJR)