Review Motherboard

GIGABYTE Z97MX-Gaming 5, Motherboard Mini Tapi Banyak Fitur

Mohammad Mamduh    •    Sabtu, 18 Jul 2015 10:03 WIB
review motherboard
GIGABYTE Z97MX-Gaming 5, Motherboard Mini Tapi Banyak Fitur
GIGABYTE GA-Z97MX-Gaming 5

Metrotvnews.com, Jakarta: GIGABYTE terus menggulirkan jajaran motherboard teranyar. Bukan termasuk ke dalam varian standar, mereka pun tidak henti merilis jajaran motherboard untuk kategori G1 Gaming.

Di antara sekian banyak yang telah menggunakan chipset Intel Z97, GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 adalah satu produk terbaru yang kami uji kali ini. Secara sekilas, motherboard ini cocok untuk mereka yang ingin menciptakan PC gaming dengan ukuran minimalis.
 

Nuansa G1 Gaming

GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 adalah motherboard dengan form-factor Micro-ATX yang sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi pendukung chipset Intel Z97. Sesuai dengan temanya, produk ini dibungkus dengan warna merah dan hitam khas G1 Gaming.

Ciri khas ini juga bisa dilihat pada logo G1 Gaming pada pendingin southbridge dan VRM phase. Harus diakui, dibandingkan pesaingnya, finishing pada heatsink VRM phase dirancang lebih berkualitas.



 
Walaupun kecil,  GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 menyediakan antarmuka yang cukup lengkap. Tersedia empat slot RAM DDR3 dan enam slot SATA untuk keperluan lalu lintas data. Bila dirasa kurang, motherboard ini jgua menyediakan satu slot M.2 dengan posisi yang agak berbeda dengan motherboard lainnya. Slot tersebut terpasang di antara soket prosesor dan slot PCI-Express 16x yang biasa digunakan untuk memasang VGA.

Demi menjamin kualitas visual, GIGABYTE Z97MX-Gaming 5  menyediakan hingga tiga slot PCI-Express 16x untuk mereka yang ingin menggunakan tiga kartu grafis sekaligus, baik untuk konfigurasi AMD CrossFire maupun NVIDIA SLI.



Sementara untuk menangani urusan audio, komponen penghasil suara yang terpasang sudah dipisah dengan tanda LED berwarna merah demi mencegah distorsi energi. Cukup mumpuni, uulang punggung dari komponen audio ini adalah chip Realtek ALC1150 dan Creative Sound Blaster X-Fi MB3.
 

Antarmuka Lengkap

GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 sudah memiliki antarmuka yang cukup lengkap pada bagian belakangnya. Anda bisa melihat ketersediaan port mouse dan keyboard klasik, port HDMI, DVI, dan D-Sub untuk keperluan visual melalui GPU onboard Intel HD Graphics, serta slot USB3.0 dan 2.0 dengan jumlah yang sama.

Kembali ke kualitas audio, berbagai chip dan kapasitor yang terpasang ditunjang oleh konektor yang dilapisi emas, begitu juga dengan port USB 2.0 yang mendukung teknologi DAC-UP untuk meminimalisir noise ketika menggunakan sepaker atau headset.



Membicarakan performa, GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 adalah motherboard mATX yang siap memenuhi berbagai kebutuhan selain untuk gaming. Hal tersebut bisa dilihat pada hasil pengujian kami di artikel ini. Pengguna tidak akan merasakan perbedaan performa antara satu motherboard dengan motherboard lainnya jika tidak dimanfaatkan untuk aktifvtas yang menuntut secara maksimal, seperti overclocking dan gaming. Tambahan untuk performa, motherboard ini sanggup mengkompresi data sebesar 1 GB dalam waktu 45 detik.






 

Kesimpulan

GIGABYTE Z97MX-Gaming 5 adalah salah satu solusi untuk gamer yang ingin merakit PC minimalis. Segudang fiturnya dari apsek hardware memang menjadi kelebihan tersendiri tanpa harus ditebus dengan ukuran PCB yang lebih besar.

 
  GIGABYTE GA-Z97MX-Gaming 5
CPU Intel Socket 1150
Chipset Intel Z97
RAM DDR3 up to 32 GB
Onboard Graphics Intel HD Graphics
Multi VGA NVIDIA SLI, AMD CrossFire
Form-Factor mATX
Fitur Khusus OP-AMP, DAC-UP, Killer Network, Sound Blaster
Harga Rp2.800.000



(ABE)