70 Persen Bacaleg NasDem Muka Baru

- 22 April 2013 13:31 wib
MI/Angga Yuniar/rj
MI/Angga Yuniar/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem akhirnya menyerahkan daftar calon anggota legislatif (DCS) sementara ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Senin (22/4). Dalam DCS tersebut, terdapat 10 perempuan yang menempati nomor urut 1.

Partai pimpinan Surya Paloh tersebut menyerahkan 560 berkas bakal calon anggota legislatif (bacaleg) tingkat pusat, yang dimasukkan dalam 77 boks. "Kami mengantarkan 77 kotak dengan dua mobil boks. 77 kotak ini untuk 77 dapil. Kami sedang menunggu dari KPU, apakah data perlu ditambah atau kurang," ujar Sekretaris Jendral Partai NasDem, Patrice Rio Capella, di KPU.

Ia mengatakan, seleksi 560 bacaleg DPR melalui proses cukup alot, karena harus menyaring 3.589 pendaftar. Dari 560 bacaleg, NasDem memiliki 235 orang bacaleg perempuan atau 39.5 persen dari total keseluruhan bacaleg tingkat pusat. Dengan demikian, NasDem telah melebihi kuota 30 persen yang disyaratkan undang-undang (UU).

"Komposisinya 70 persen anak muda di bawah usia 30. Ada juga yang tidak pernah jadi caleg sebelumnya, seperti Ricky (Subagja), Donny (Damara), dan Melly Manuhutu. Mudah-mudahan dengan wajah baru membawa semangat restorasi," kata Rio.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai NasDem, Ferry Mursyidan Baldan, menambahkan Partai NasDem juga menempatkan 10 bacaleg perempuan di nomor urut satu di 10 daerah pemilihan. "10 orang perempuan berada di nomor urut 1, di 10 daerah pemilihan. Ada juga di satu dapil yang enam kursi, dua orang laki-laki dan empat perempuan," ungkapnya.

Ferry memaparkan, 70 persen dari 560 bacaleg NasDem adalah muka baru. Mereka belum pernah sama sekali terjun ke dunia politik.

Lebih lanjut Ferry mengatakan, NasDem tidak mengalami hambatan untuk memenuhi syarat 30 persen kuota keterwakilan perempuan. Apalagi, NasDem melihat itu sebagai kewajiban untuk memberi ruang perempuan berpartisipasi dalam politik.

"Kata kuncinya, kami harus mau melakukan penjelasan dan approach ke perempuan. Ada peran yang sangat signifikan yang harus dilakukan perempuan dalam dunia politik," kata Ferry.

()

Hamzah Haz--MI/Susanto

Hamzah Haz Hadiri Mukernas PPP

23 April 2014 15:47 wib

MANTAN Ketua Umum Partai Presatuan Pembangunan Hamzah Haz menghadiri Musyawarah Kerja Nasional PPP Ke-III,…