Bom Tewaskan 100 Orang di Irak, ISIS Klaim Tanggung Jawab

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 18 Jul 2015 10:53 WIB
isis
Bom Tewaskan 100 Orang di Irak, ISIS Klaim Tanggung Jawab
Ledakan yang terjadi di Irak menewaskan lebih dari 100 jiwa (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Baghdad: Bom bunuh diri yang berasal dari sebuah mobil, meledak di pasar ramai sebelah timur laut Baghdad, Irak. Kelompok Islamic State (ISIS) mengaku bertanggungjawab dalam kejadian ini.

Lebih dari 100 orang dilaporkan tewas dalam kejadian ini, termasuk anak-anak. Sementara lokasi kejadian ledakan tampak menyedihkan.

"Insiden ini sangat menghancurkan hati. Beberapa orang bahkan harus menggunakan kotak sayuran untuk mengumpulkan potong tubuh anak-anak," ujar perwira Polisi Ahmed al-Tamimi, seperti dikutip RT, Sabtu (18/7/2015).

Akun Twitter yang berkaitan dengan kelompok ISIS mengklim bertanggungjawab dalam kejadian ini. Menurut mereka serangan itu ditujukan kepada umat Muslim Syiah.

"Ini adalah sebuah balas dendam bagi kematian warga Muslim Suni di Kota Hawija," pernyataan pihak ISIS.

Selain itu ISIS mengatakan bahwa pelaku pengeboman ini membawa tiga ton bahan peledak.

Kuatnya daya ledakan membuat beberapa gedung hancur secara keseluruhan. Hal itu membuat banyak korban yang tewas tertimpa reruntuhan gedung.

Waktu penyerangan ini sangat memilukan, mengingat umat Muslim merayakan Hari Raya Idul Fitri. Hal ini memicu kemarahan warga dan memicu mereka meluapkan kekesalan dengan menghancurkan jendela mobil yang tengah diparkir.

Hingga saat ini, petugas masih mengumpulkan potongan tubuh di bawah reruntuhan. Dikhawatirkan jumlah korban tewas akan terus bertambah.
 


(FJR)