Elite Politik Kutuk Keras Peristiwa Tolikara

Arga sumantri    •    Sabtu, 18 Jul 2015 13:12 WIB
penyerangan
Elite Politik Kutuk Keras Peristiwa Tolikara
Ketua Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin/ANT/Nino Helen

Metrotvnews.com, Jakarta: Sejumlah elite DPR menyesalkan peristiwa yang terjadi di Tolikara, Papua. Ketua Fraksi Partai Golkar Ade Komarudin menilai tindakan penyerangan itu bertentangan dengan amanah konstitusi.

"Kita mengutuk dan kecam keras siapapun yang mengganggu kedamaian beragama, agama apapun tidak boleh mengganggu agama yang lain, sebab kebebasan beragama itu amanah konstitusi," kata Ade saat menggelar open house di kediamannya, Jalan Mendawai I nomor 2, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (18/7/2015).

Hal serupa diungkap Ketua DPR Setya Novanto. Dia menyayangkan tindakan tersebut, apalagi terjadi pada momen lebaran.

"Ini tindakan yang tidak terpuji, dalam suasana lebaran ini yang harusnya saling memaafkan dan saling silaturahmi. Yang salah, proses hukumnya kita serahkan kepada pihak berwenang," tambah Setya.

DPR meminta masyarakat khususnya di Papua tidak lantas terpancing isu-isu negatif yang berkembang guna menjaga situasi tetap stabil. DPR juga meminta pihak berwenang segera mengusut tuntas kasus yang terjadi di Papua sesegera mungkin.

Kerusuhan di Kabupaten Tolikara, terjadi Jumat pagi. Insiden diduga disebabkan salah paham karena pengeras suara. Pada saat bersamaan di daerah tersebut berlangsung dua acara yang digelar oleh dua umat agama yang berbeda. Ada acara perayaan Idul Fitri dan pertemuan pemuka masyarakat gereja.


(OJE)